Kompas.com - 30/04/2013, 10:53 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Daya tarik seseorang juga dapat ditentukan oleh suaranya. Suara seperti apa yang membuat lawan jenis tertarik?

Sebuah studi terbaru dari Inggris menunjukkan, suara dapat dijadikan salah satu indikator daya tarik seseorang. Dengan mendengarkan suara lawan jenis, seseorang dapat membayangkan ukuran tubuh sehingga menimbulkan ketertarikan.

Para peneliti menemukan, pria dengan suara berat dan wanita dengan suara tinggi lebih disukai karena dinilai lebih memiliki daya tarik. Pria dengan suara dalam atau berat diperkirakan memiliki postur tubuh besar, sedangkan wanita dengan suara tinggi diperkirakan bertubuh kecil.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal PLos ONE ini melibatkan peserta pria dan wanita yang diperdengarkan rekaman beberapa jenis suara.

Peserta pria lebih memilih wanita dengan suara yang tinggi dan mendesah karena mengindikasikan ukuran tubuh yang lebih kecil. Sebaliknya, peserta wanita lebih memilih pria dengan suara yang berat yang mengindikasikan ukuran tubuh yang lebih besar.

Menurut peneliti Yi Xu dan koleganya dari University College London di Inggris, peserta wanita juga menyukai suara pria yang mendesah, karena dinilai lebih tidak agresif yang terkait dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar.

Studi sebelumnya yang dilakukan pada binatang dan burung menemukan bahwa pendengar dapat memperkirakan ukuran tubuh dan tujuan berdasarkan suara. Misalnya suara geraman yang lebih rendah cenderung mengindikasikan ukuran tubuh yang lebih besar, lebih dominan dan penyerang. Sedangkan suara geraman yang tinggi menunjukkan ukuran tubuh yang lebih kecil dan ketakutan.

Studi baru ini menunjukkan suara tetap digunakan manusia sebagai insting binatang tertentu, terlepas dari perkembangan bahasa yang kompleks.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.