Kompas.com - 18/05/2013, 14:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Di zaman modern ini kita semakin dimudahkan untuk mengatasi rasa dahaga dengan berbagai pilihan minuman, dari yang polos sampai yang sudah diisi berbagai zat yang diklaim mampu memulihkan energi sampai melangsingkan.

Tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa banyak minuman tersebut yang bukan cuma tinggi kalori, tapi juga merangsang rasa lapar sehingga kita makan lebih banyak. Dengan kata lain, jika ingin menjaga berat badan, kita bukan cuma harus teliti dalam memilih makanan, tapi juga minuman.

Kapan perlu minum air

- Minumlah saat merasa lelah, pusing, kurang konsentrasi, atau mood sedang kacau. studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition menyebutkan orang yang kekurangan cairan sebanyak satu persen akan mengalami gejala pusing, kelelahan, hingga uring-uringan.

- Jika ingin tubuh lebih langsing, minumlah dua cangkir air putih sebelum makan.

- Latihan kurang dari 90 menit. Mengeluarkan banyak keringat bukan berarti Anda perlu minum sport drink. Para ahli mengatakan air adalah yang kita perlukan jika kita berolahraga kurang dari 90 menit dalam intensitas sedang sampai tinggi.

Kapan perlu minum teh

- Saat ingin minum kafein. Teh hijau adalah minuman yang tepat untuk mereka yang ingin mengurangi asupan kafein. Dalam satu cangkir teh hitam terkandung 50 mg kafein, bandingkan dengan jumlah kafein dalam satu cangkir kopi, yang sekitar 100-190 mg.

- Sakit perut. Dalam pengobatan Cina, teh digunakan untuk menjaga sistem pencernaan dan mengetralisir asam dalam perut. Teh yang direkomendasikan adalah teh oolong, serta teh earl grey untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Kapan perlu minum jus

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X