Kompas.com - 02/08/2013, 11:25 WIB
Ilustrasi : tes kehamilan shutterstockIlustrasi : tes kehamilan
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dokter yg ramah, saya sudah menikah selama 2 bulan. Kemarin saya sudah merasakan tanda-tanda kehamilan dan hasil testpack pun positif, tapi sayangnya yang satu merah jelas yang satu warnanya agak pink dokter.  Kemudian setelah satu minggu dari tes itu saya dapet haid dok dan haidnya itu pun kaya sugampalan darah gitu dok rasanya sakit banget. Saya bingung dok sebenarnya saya hamil apa tidak dan itu haid penyakit apa kotoran dok?
                

Susanti (20), Bogor


JAWAB:

Ibu Susanti Yth,
Bila telat haid 1-2 minggu memang kita harus hati-hati. Test pack yang positif memang bisa diartikan hamil. Tapi bila kemudian ada perdarahan, kemungkinannya adalah keguguran atau memang tidak hamil. Hal ini di mungkinkan karena adanya pengaruh hormonal.

Ibu perhatikan saja gejalanya, kalau perdarahan banyak sebaiknya ibu ke dokter untuk memastikan diagnosisnya. Tapi bila ibu merasa tidak terganggu maka di pantau saja, nanti keluhannya akan menghilang. Sebagai indikator perdarahan itu normal, maka pada siklus yang akan datang ibu akan haid lagi. Terimakasih.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X