Kompas.com - 10/08/2013, 14:35 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bayam merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan terlengkap. Bayam merupakan sumber serat, zat besi, flavonoid, vitamin E dan C, mangan, zinc, dan lain-lain. Bayam juga diketahui memiliki manfaat untuk percernaan, mencegah sembelit dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Namun dari segudang manfaat tersebut, seringkali bayam menjadi sayuran yang membosankan, terutama bagi anak-anak. Hal ini karena cara memasak kita yang itu-itu saja. Padahal ada juga lho, cara-cara memasak bayam yang membuat siapapun tak dapat menolaknya. Simaklah cara enak dan sehat memasak bayam berikut.

1. Masukan dalam salad
Salad merupakan salah satu cara tersehat untuk mengonsumsi sayuran. Jadi tidak ada salahnya untuk memasukan bayam ke dalam salad sesekali untuk mengganti selada.

2. Selipkan di antara sandwich
Berikan bayam, irisan tomat, wortel, mayones, hingga potongan ayam bakar di antara roti gandum. Jadilah sandwich lezat yang bisa jadi pilihan sehat makan siang Anda.

3. Masak bersama pasta
Ada beberapa cara masak bayam bersama pasta. Bayam bisa dirajang menjadi serpihan kecil untuk dicampur dengan saus pasta, atau menggunakan pasta yang terbuat dari bayam (jenis pasta ini sudah dijual di beberapa tempat). Rebus pasta dengan tambahan minyak zaitun, sedikit garam dan lada. kemudian masukan potongan bayam dan tiriskan.

4. Campurkan dengan kari
Bayam bisa dimasak menjadi kari yang lezat dan sehat. Caranya yaitu dengan menghancurkan bayam dan kentang dan dimasak dengan resep kari ala India.

5. Saus celup bayam
Rajang bayam tipis-tipis dan campurkan dengan krim keju atau mayones. Gunakan saus ini untuk mencelupkan biskuit atau roti favorit Anda.

6. Keripik bayam
Cara ini mungkin yang paling disukai oleh anak-anak. Goreng daun bayam hingga garing seperti keripik, lalu tambahkan sedikit bumbu untuk menyedapkan rasanya.

7. Pizza topping bayam
Selain keju, daging, brokoli, atau paprika, bayam juga bisa dijadikan topping pizza. Letakkan bayam di atas adonan pizza, campurkan dengan keju dan beberapa topping lainnya, kemudian panggang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.