Kompas.com - 04/10/2013, 10:11 WIB
EditorWardah Fazriyati
Tanya:
Salam hangat, saya wanita pekerja umur 31 tahun. Tekanan darah saya rendah, sehingga setiap datang bulan saya disarankan dokter minum obat penambah darah. Saya kalau lagi sibuk bekerja sering lupa makan, menyebabkan kepala saya pusing, dan saya gampang capai. Apa solusinya? Terima kasih. (Wini, 31)

Jawab:
Salam hangat kembali, Mbak Wini.
Makan secara teratur sangat diperlukan untuk menunjang stamina dan meningkatkan produktivitas kerja terutama bagi wanita pekerja seperti Mbak Wini, apalagi jika Mbak Wini menderita tekanan darah rendah. Walaupun sibuk bekerja sebaiknya jadwal makan tidak dilewatkan. Ada beberapa solusi yang bisa Mbak Wini lakukan agar tubuh tetap mendapatkan cukup nutrisi:

1. Bawa bekal makanan dari rumah, merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi secara sehat, murah, dan tepat. Makanan yang dibawa bisa dibagi untuk 3-4 kali makan. Sebagai contoh untuk:
* Sarapan: dapat membawa bekal nasi goreng yang sudah dilengkapi dengan telur, daging ayam, maupun sayur selada atau timun dan tomat.
* Snack pagi dengan buah apel 1 buah.
* Makan siang berupa nasi, ikan, tahu/tempe, sayuran, dan buah.
* Snack sore: roti sandwich yang diisi telur, sayuran, dan keju.

2. Memang kekurangan membawa bekal dari rumah adalah membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan bekal tersebut, namun kualitas makanan yang dimakan tentunya terjamin dan menyehatkan.

3. Menggantikan makanan yang seharusnya dikonsumsi dengan suplemen pengganti makan, biasanya dalam bentuk susu. Susu tersebut dapat dikonsumsi bersama dengan roti atau biskuit, sehingga zat gizi yang diperlukan tubuh tetap dapat terpenuhi tanpa mengurangi waktu kerja. Cara ini cukup praktis namun membutuhkan tambahan biaya.

4. Menyiapkan camilan sehat yang dapat dikonsumsi kapan saja tanpa mengganggu waktu kerja seperti roti sandwich, roti isi, kroket, macaroni skotel, atau pudding susu buah yang sudah disiapkan dari rumah.

Selamat mencoba, semoga Mbak Wini tetap bugar di tengah kesibukan kerja.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.