Kompas.com - 20/10/2013, 09:12 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Pemeriksaan mammogram merupakan metode yang saat ini paling baik untuk deteksi dini kanker payudara. Karena itu, para pakar sepakat agar wanita di atas usia 50 tahun menjalani pemeriksaan ini setiap dua atau tiga tahun sekali, atau lebih muda lagi jika memiliki riwayat keluarga kanker payudara.

Saat akan melakukannya, tentu setiap wanita membutuhkan persiapan fisik dan juga mental. Ini karena pemeriksaannya mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman dan hasilnya bisa menjadi kabar buruk.

Oleh karena itu, agar siap menghadapi pemeriksaan mammogram, kenalilah langkah berikut ini.

1. Ketahui risiko Anda
Mendapat banyak informasi sebelum melakukan pemeriksaan dapat menurunkan tingkat kekhawatiran Anda. Diskusikan faktor risiko  potensial yang Anda miliki dengan dokter dan persiapkan diri untuk bertanya mengenai prosedur pemeriksaan.

"Dengan cara ini, Anda dapat mengingatkan diri, pemeriksaan ini gunanya juga untuk menjaga kesehatan Anda," ujar Carolyn Gotay, profesor psikologi di University of British Columbia.

2. Perhatikan jadwalnya
Studi menunjukkan, setelah pemeriksaan mammogram pertama, kebanyakan wanita enggan melakukannya lagi. Ini karena rasa nyeri dan tidak nyaman saat menjalani pemeriksaan. Karen Papas, koordinator klinis mammografi dan radiografi umum di North York General Hospital di Toronto mengatakan, sebagian wanita merasa tidak nyaman jika payudaranya ditekan dengan dua lempengan dari mesin mammogram.

Maka untuk memperkecil rasa tidak nyaman, Papas menyarankan untuk menjadwalkan pemeriksaan mammogram 10 hari setelah hari haid pertama. Saat itulah payudara tidak terlalu lunak dan tidak akan menimbulkan rasa nyeri yang besar saat ditekan. Papas juga menyarankan untuk menghentikan konsumsi kafein selama beberapa hari sebelum melakukan pemeriksaan karena kafein memiliki efek dalam melunakkan payudara.

3. Jangan gunakan wewangian
Papas memperingatkan untuk tidak menggunakan wewangian apapun di sekitar payudara sebelum menjalani pemeriksaan mammogram. Ini karena partikel metalik dari produk dapat muncul pada hasil pemeriksaan dan menurunkan akurasi.

4. Jangan gunakan gaun
Saat menjalani pemeriksaan gunakan pakaian dua bagian agar mudah dibuka. Meski hanya Anda dan perawat yang berada dalam ruangan, namun memakai pakaian dua bagian akan membuat Anda merasa lebih tertutup.

5. Sabar nantikan hasil tes
Pemeriksaan mammogram dapat berjalan dengan sangat cepat, hanya dalam beberapa detik dihasilkan beberapa gambar dari kedua payudara. Namun hasil pemeriksaan bisa keluar setelah dua minggu.

6. Tanyakan hasil pemeriksaan
Setelah hasil keluar, Anda perlu proaktif untuk menanyakan pada pakar tentang hasil itu. Tanyakan untuk hal-hal yang tidak Anda mengerti agar tidak terjadi kesalahpahaman akan hasil yang diberikan.

7. Jangan khawatir saat diminta untuk pemeriksaan lebih lanjut
Sebanyak 8,5 persen wanita yang menjalani pemeriksaan mammogram diminta untuk melakukan pemeriksaan lanjutan, namun kebanyakan mereka tidak mengalami kanker payudara. Jadi, jangan khawatir dan jalani saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.