Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2014, 13:54 WIB
Tanya:
Dok, kira-kira sudah seminggu putri saya berusia 10 bulan batuk berdahak yang tak juga kunjung sembuh. Saya sudah berikan dua macam obat batuk resep dokter. Kemudian saya coba herbal seperti daun saga dan kunyit, kembang belimbing sayur dan adas manis juga sudah diberikan tapi tetap tidak ada perubahan. Apakah sebaiknya dibawa ke rumah sakit? Karena saya perhatikan berat badannya turun. Pakaian yang tadinya sesak dipakai, bahkan tidak muat, sekarang justru longgar. Mohon jawabannya.
Aghnia Pusparini, 23, Jakarta

Jawab:
Ibu Aghnia yang baik,
Penyebab batuk pada bayi paling sering adalah infeksi virus di saluran napas. Batuk ini dapat disertai dengan gejala pilek dan demam. Gejala ini dapat berlangsung selama 5-10 hari dan biasanya membaik sendiri. Namun berat ringannya dapat bervariasi pada setiap anak.

Bila gejala batuknya tampak berat, lendirnya berlebih, sebaiknya si kecil dibawa berobat ke dokter karena mungkin saja ia memerlukan obat atau mungkin saja kondisinya lebih berat seperti menderita infeksi paru (pneumonia atau bronkiolitis).

Seringkali saat batuk, bayi mulai malas minum/makan sehingga ini yang membuat orangtua khawatir, namun biasanya setelah proses penyembuhan, nafsu makannya akan lambat laun membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com