Antar Jemput Naik Motor, Apa Efek Polusi pada Anak?

Kompas.com - 30/05/2014, 09:05 WIB
Ilustrasi jalan macet KOMPAS / AGUS SUSANTOIlustrasi jalan macet
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Dok, saya ingin bertanya mengenai pengaruh polusi pada kesehatan anak. Setiap hari saya mengantar anak-anak ke sekolah dengan naik motor yang jaraknya sekitar 10 km dari rumah. Anak saya sudah SD. Tetapi setiap hari kondisi jalan sangat macet. Sebenarnya saya takut karena anak saya jadi menghirup polusi udara. Apakah ada pengaruhnya pada penyakit batuk pilek anak saya yang cukup sering.
 
Lianawati, Pasar Minggu Jakarta

JAWAB
Polusi udara termasuk asap rokok mengandung banyak partikel-partikel yang berdampak buruk untuk kesehatan terutama di sistem pernapasan manusia. Partikel radikal bebas yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan dan reaksi peradangan di lapisan sel saluran napas yang sebenarnya berfungsi sebagai benteng pertahanan sebagaimana kulit di tubuh kita.

Dengan rusaknya benteng tersebut maka akan mempermudah masuknya kuman ke dalam saluran napas dan akhirnya akan menyebabkan gangguan saluran napas seperti batuk pilek (berulang) bahkan sesak napas.

Paparan polusi udara pada anak dengan asma pun akan menjadi salah satu pencetus serangan asma yang terkuat. Sebaiknya saat si kecil berkendara menggunakan helm penuh muka sehingga mengurangi paparan asap polusi udara serta mengusahakan asupan gizi yang optimal sehingga daya tahan tubuhnya pun menjadi lebih baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X