Kompas.com - 02/07/2014, 14:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Obat dapat digunakan untuk menentukan diagnosis, meredakan dan menyembuhkan keluhan, merawat kondisi tubuh, serta mencegah penyakit.

Agar lebih efektif menyembuhkan penyakit, sebagian besar obat dianjurkan diminum dengan air putih , demikian menurut Dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, dokter  spesialis anak dari BJ Medical Center.

“Jangan minum obat dengan susu, teh, kopi, soda, minuman energi, minuman beralkohol, bahkan jus buah atau sayur. Karena dapat mengubah sifat dan kerja obat di pencernaan. Kecuali beberapa obat yang memang membutuhkan pelarut khusus. Jika sudah ada pelarutnya, baru diminum dengan pelarutnya.”

Cara minumnya pun berbeda-beda, ada yang sebelum makan, setelah makan, atau pada saat makan. “Semua itu sangat tergantung sifat obatnya. Ada yang diserap dan bekerja baik dalam kondisi lambung atau usus kosong. Berarti jangan minum obat dengan pisang karena harus dalam kondisi kosong.”

Ada juga yang bekerja baik kalau lambung dalam kondisi berisi. “Jadi, harus dikenali jenis obatnya minta diperlakukan seperti apa. Dan melihat fungsi farkokinetiknya kapan obat itu terserap dengan baik.”

Bahkan ada obat yang dalam sehari harus diminum sampai 8 kali. “Fungsinya agar mempertahankan kadar obat itu selalu dalam kondisi puncak. Misalnya, jika dalam jangka waktu 8 kali itu ada yang terlewatkan lebih dari sekali, berarti obat itu sudah tidak ada di dalam tubuh. Tentunya harus dimasukkan obat lagi agar tetap ada.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.