Kompas.com - 04/07/2014, 20:31 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Gadget kini menjadi salah satu benda wajib yang tak pernah lepas dari genggaman kita mulai dari pagi hari hingga menjelang tidur. Padahal penggunaan gadget mendekati waktu tidur bisa berakibat pada kesulitan tidur.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, kita memang dianjurkan untuk tidur 7-8 jam setiap malam. Sayangnya, sebagian besar orang masih mengoperasikan gadget mereka ketika berada di tempat tidur. Padahal, yang dikatakan "cukup tidur" bukan diartikan dengan berapa lama waktu yang dihabiskan di tempat tidur, melainkan soal kualitas tidur yang didapat.

Jika kita masih mengoperasikan gadget di tempat tidur, waktu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pun berkurang. Ditambah lagi, mata dan otak yang terpapar gadget membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk bisa terpejam.

Kurang tidur tidak hanya berdampak pada produktivitas yang menurun, tetapi juga pada kesehatan. Para dokter sepakat, kurang tidur merupakan faktor risiko untuk diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan depresi.

Karena bahaya itulah, mulai sekarang pastikan Anda menjauhi gadget sebelum tidur. Bagi Anda yang sudah sulit untuk lepas darinya, kiat berikut mungkin akan membantu untuk tidur lebih baik.

1. Jauhkan gadget satu jam sbelum tidur
Cahaya spekrum biru yang dikeluarkan oleh komputer dan piranti genggam akan menghambat sekresi melatonin, hormon yang dibutuhkan untuk tidur. Menjauhkan gadget satu jam sebelum tidur akan memberikan kesempatan tubuh untuk menyekresikan serotonin.

2. Coba kacamata penyaring sinar biru
Kadang sulit untuk mematikan gadget satu jam sebelum tidur. Apalagi jika tengah dikejar deadline atau Anda benar-benar sibuk. Maka menggunakan kacamata penyaring sinar biru mungkin bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak meskipun baru saja menatap layar gadget.

3. Simpan teknologi elektronik di luar kamar tidur
Banyak studi membuktikan kesulitan tidur bisa dimulai dari adanya televisi di kamar tidur. Televisi juga mengeluarkan sinar biru yang menghambat sekresi melatonin.

4. Hindari alkohol sebelum tidur
Meskipun minuman beralkohol dapat membuat Anda tidur lebih cepat, namun minuman tersebut juga dapat merusak siklus tidur, khususnya mengurangi fase rapid eye movement (REM) saat tidur. Padahal fase tidur itu berguna untuk peremajaan fisik dan mental.

5. Hindari ngopi sore
Banyak orang minum kopi untuk meningkatkan rasa awas mereka. Namun meminumnya di sore hari dapat meningkatkan risiko susah tidur. Pasalnya kafein dapat bertahan dan memberikan dampak hingga enam jam setelah diminum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.