Atasi Stres Bekerja dengan Cara Ini

Kompas.com - 08/07/2014, 10:24 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Stres sebenarnya dapat membantu untuk menampilkan performa kerja yang lebih cemerlang, baik di tempat kerja maupun di mana pun. Namun, stres yang terjadi dalam waktu lama akan membuat perasaan yang tidak nyaman.

Stres yang berlebihan juga membuat pikiran sulit tenang dan fokus. Karena itu, bila stres yang Anda rasa sudah berlebihan, cobalah sembilan cara berikut untuk cepat mengatasinya.

1. Ganti tugas
David Reiss, psikiatri dari San Diego, mengatakan, jika memungkinkan, maka kerjakan dulu tugas lainnya selain tugas yang membuat Anda frustasi. Mengerjakan hal lain untuk beberapa jam akan memberikan otak Anda teralihkan dari stres yang dipicu oleh suatu tugas.

2. Bantu orang
Melakukan hal yang baik akan membuat Anda lebih tenang. Gretchen Rubin penulis buku The Happiness Project mengatakan, melakukan sesuatu yang baik akan mengurangi frustrasi yang didapat dari lingkungan kerja, misalnya mengirimkan surel informasi yang bermanfaat pada rekan kerja atau sekedar membantu orang membawakan barang mereka saat terlihat sangat kerepotan.

3. Meditasi
Saat pikiran penuh dengan deadline, email, dan telepon, maka cobalah untuk tenangkan dengan meditasi. Caranya sederhana, pejamkan mata dan tarik napas panjang, kemudian hembuskan perlahan. Lakukan berulang-ulang sambil mencoba memfokuskan pikiran dan biarkan otot-otot napas bergerak secara alami.

4. Hilangan tegang pada bahu
Melakukan peregangan pada bahu dapat menghilangkan tegang. Caranya yaitu dengan meluruskan kedua lengan ke depan, satukan kedua tangan. Kemudian tarik napas panjang selagi angkat tangan di atas kepala, kemudian hembuskan napas.

5. Peregangan pada punggung dan lutut juga
Berdirilah tegak dengan dada terbuka dan lengan rileks, tarik napas panjang. Hembuskan napas dan membungkuklah ke depan dengan lutut yang sedikit ditekuk. Gerakan ini akan memudahkan darah untuk mengalir lebih banyak pada kepala dan Anda akan merasa lebih segar saat berdiri.

6. Bergeraklah
Lompat dan jadilah enerjik. Menurut Tara Stiles, intruktur senam di ulive.com mengatakan, aktif bergerak akan membuat mood menjadi lebih baik. Bergerak bisa juga dengan naik turun tangga atau berjalan-jalan selama sepuluh menit.

7. Stres atau disiksa?
Jika terus merasa stres di tempat kerja, maka menurut Reiss, Anda perlu menanyakan pada diri sendiri, apakah Anda benar stres karena pekerjaan atau karena disiksa oleh atasan atau rekan kerja? Mungkin Anda akan sulit menjawab hal ini sendiri, maka meminta bantuan rekan kerja yang objektif bisa jadi pilihan.

8. Ganti sudut pandang
Pekerjaan memang akan selalu membuat Anda stres. Itulah kenapa itu disebut pekerjaan. Namun Anda pun harus dapat mengatur stres supaya tidak berujung pada depresi. Karena itu, cobalah ganti sudut pandang dengan menilai stres pekerjaan adalah hal yang positif dan diperlukan untuk kemajuan.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X