Kompas.com - 30/08/2014, 13:09 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Alat ultrasonografi atau USG generasi terbaru memiliki keakuratan lebih tinggi dalam mendeteksi kelainan di organ dalam tubuh dan terbukti sangat bermanfaat dalam kehamilan.

Porsi pemeriksaan penunjang, seperti periksa laboratorium dan USG dalam kedokteran modern kini semakin besar. Dalam setiap pemeriksaan kehamilan misalnya, hampir selalu dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Namun demikian, pemeriksaan tersebut memang diperlukan untuk menangkap jenis kelainan janin.

Bukan hanya dalam pemeriksaan kehamilan, ada banyak kelainan penyakit yang bisa ditemukan dengan pemeriksaan USG. Karena itulah kebutuhan akan hasil pindai yang lebih jelas dan akurat dari alat USG semain tinggi.

Perusahaan alat kesehatan SOHO Global Medika, meluncurkan alat USG dengan teknologi 4D (empat dimensi) dengan merek Vinno G80. Bekerja sama dengan perusahaan Vinno Technology dari China, alat USG tersebut diluncurkan di Sanur, Bali, Jumat (29/8/14).

Menurut Obed Fuk Liang, Vice President SOHO Global Medika, Vinno G80 memiliki fitur-fitur canggih seperti halnya alat USG premium lainnya namun dengan harga jauh lebih murah. "Sebagai perbandingan, kalau merek lain menjual alat USG dengan fitur yang sama sudah diatas 2 milyar, namun kami menjual dengan harga separuhnya," katanya saat acara peluncuran.

Kelebihan fitur dari alat tersebut antara lain menggunakan layar LED, layar sentuh seperti pada tablet, dan menu-menu lainnya. "Biasanya hanya merek premium yang menggunakan teknologi 4D, ini adalah satu-satunya produk yang pakai spec tertinggi di kelasnya tapi low budget," kata Andry Widjaja, senior marketing manager SOHO Global Health, dalam acara yang sama.

Andry menjelaskan, alat USG bukan hanya dipakai dalam pemeriksaan kehamilan, tapi juga pemeriksaan penyakit dalam seperti ginjal, jantung, katup jantung, abdomen, dan masih banyak lagi.

Ia menambahkan, layar monitor LED dan teknologi 4D akan menghasilkan kualitas gambar yang sangat jelas, bahkan pemeriksaan kehamilan bisa memperlihatkan janin dengan warna aslinya sewaktu dalam kandungan. "Teknologi terbaru dalam alat USG ini memudahkan dokter untuk melihat perbedaan sebuah gambar dalam mendiagnosa tumor atau kelainan lain," katanya.

Indonesia adalah negara pertama di Asia yang menjadi tempat pemasaran alat USG merek Vinno ini. "Sebelumnya alat ini hanya dipasarkan di Eropa sehingga keamanannya sudah mengikuti standar global," kata Obed.

Ia menargetkan alat ini akan menguasai 25 persen pasar USG dalam 5 tahun ke depan. "Kami akan menawarkan alat ini ke berbagai asosiasi kedokteran, terutama rumah sakit pendidikan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.