Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2014, 13:09 WIB

KOMPAS.com - Alat ultrasonografi atau USG generasi terbaru memiliki keakuratan lebih tinggi dalam mendeteksi kelainan di organ dalam tubuh dan terbukti sangat bermanfaat dalam kehamilan.

Porsi pemeriksaan penunjang, seperti periksa laboratorium dan USG dalam kedokteran modern kini semakin besar. Dalam setiap pemeriksaan kehamilan misalnya, hampir selalu dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Namun demikian, pemeriksaan tersebut memang diperlukan untuk menangkap jenis kelainan janin.

Bukan hanya dalam pemeriksaan kehamilan, ada banyak kelainan penyakit yang bisa ditemukan dengan pemeriksaan USG. Karena itulah kebutuhan akan hasil pindai yang lebih jelas dan akurat dari alat USG semain tinggi.

Perusahaan alat kesehatan SOHO Global Medika, meluncurkan alat USG dengan teknologi 4D (empat dimensi) dengan merek Vinno G80. Bekerja sama dengan perusahaan Vinno Technology dari China, alat USG tersebut diluncurkan di Sanur, Bali, Jumat (29/8/14).

Menurut Obed Fuk Liang, Vice President SOHO Global Medika, Vinno G80 memiliki fitur-fitur canggih seperti halnya alat USG premium lainnya namun dengan harga jauh lebih murah. "Sebagai perbandingan, kalau merek lain menjual alat USG dengan fitur yang sama sudah diatas 2 milyar, namun kami menjual dengan harga separuhnya," katanya saat acara peluncuran.

Kelebihan fitur dari alat tersebut antara lain menggunakan layar LED, layar sentuh seperti pada tablet, dan menu-menu lainnya. "Biasanya hanya merek premium yang menggunakan teknologi 4D, ini adalah satu-satunya produk yang pakai spec tertinggi di kelasnya tapi low budget," kata Andry Widjaja, senior marketing manager SOHO Global Health, dalam acara yang sama.

Andry menjelaskan, alat USG bukan hanya dipakai dalam pemeriksaan kehamilan, tapi juga pemeriksaan penyakit dalam seperti ginjal, jantung, katup jantung, abdomen, dan masih banyak lagi.

Ia menambahkan, layar monitor LED dan teknologi 4D akan menghasilkan kualitas gambar yang sangat jelas, bahkan pemeriksaan kehamilan bisa memperlihatkan janin dengan warna aslinya sewaktu dalam kandungan. "Teknologi terbaru dalam alat USG ini memudahkan dokter untuk melihat perbedaan sebuah gambar dalam mendiagnosa tumor atau kelainan lain," katanya.

Indonesia adalah negara pertama di Asia yang menjadi tempat pemasaran alat USG merek Vinno ini. "Sebelumnya alat ini hanya dipasarkan di Eropa sehingga keamanannya sudah mengikuti standar global," kata Obed.

Ia menargetkan alat ini akan menguasai 25 persen pasar USG dalam 5 tahun ke depan. "Kami akan menawarkan alat ini ke berbagai asosiasi kedokteran, terutama rumah sakit pendidikan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com