Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Tubuh Tambun? Begini Cara Percepat Metabolisme

Kompas.com - 20/01/2015, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Salah satu faktor yang membuat berat badan sulit turun adalah berbedanya sistem metabolisme tubuh dalam setiap individu. Jika proses metabolisme tubuh berjalan lambat, maka pembakaran kalori yang dilakukan di dalam tubuh tentunya juga sangat lambat. Sebaliknya, jika pembakaran tubuh Anda cepat, tentunya Anda juga semakin cepat pula meraih gol yang Anda inginkan.

Namun, bagi Anda yang merasa proses metabolisme di dalam tubuh lambat, maka Anda tak usah gusar. Karena, terdapat beberapa metode untuk mempercepatnya. Untuk itu, simak informasi berikut untuk mengetahui bagaimana cara untuk mempercepat metabolisme Anda, sehingga pembakaran kalori juga semakin baik. Berikut adalah informasinya untuk Anda.

1. Jangan Anti Latihan Angkat Beban

Selama ini kita mengenal angkat beban hanya dilakukan oleh seseorang yang mempunyai massa otot besar dan kekar. Jika Anda menganggap bahwa latihan beban hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah berotot, maka Anda salah. Latihan beban adalah latihan wajib yang harus Anda lakukan dalam setiap sesi latihan. Baik bagi Anda yang mempunyai gol meningkatkan massa otot maupun menurunkan berat badan.

Ketika Anda melakukan angkat beban, maka akan membuat otot Anda akan bekerja lebih keras sehingga membuatnya merasakan stres. Stres pada otot tersebut diartikan sebagai perusakan jaringan otot yang bersifat sementara karena dipaksa mengangkat beban yang berat. Namun, Anda tak perlu khawatir, setelah otot berhasil memperbaiki dirinya, maka otot tersebut akan bertambah baik dari massa maupun kekuatannya. Maka dari itu, jangan anti untuk latihan menggunakan beban berat.

2. Gunakan Superset untuk Hasil Maksimal

Tentu, bagi pemula mendengar latihan superset mungkin menganggap bahwa metode latihan ini tergolong ke dalam latihan yang luar biasa beratnya. Padahal, jika sudah mengetahui metode latihan ini Anda pasti akan merasakan banyak manfaatnya. Ya, superset adalah teknik latihan yang mengombinasikan dua jenis latihan dan melakukan latihan ini dengan berurutan tanpa ada jeda di antara latihan tersebut. Sangat efektif, karena latihan ini memungkinkan otot Anda untuk melakukan variasi latihan di mana setelah melakukan satu set latihan X, Anda akan berlanjut ke satu set latihan Y tanpa jeda istirahat.

Selain lebih efektif, latihan ini lebih menghemat waktu Anda. Selain itu, dengan latihan ini produksi asam laktat juga semakin meningkat. Pasalnya, ketika pertumbuhan hormon Anda meningkat, tubuh akan berada di kondisi anabolik atau pembentukan otot, yang berarti Anda akan mendapatkan pertumbuhan otot lebih maksimal dalam waktu yang singkat.

3. Perpendek Interval Istirahat Anda

Menahan nafas untuk waktu yang lama antara set tidak akan bekerja jika tujuan Anda untuk menghilangkan lemak. Hal ini disampaikan oleh Cody Ivey, dalam artikelnya di bodybuilding.com. Cody juga menggemari teknik superset, untuk itu dirinya merekomendasikan untuk beristirahat 30 detik di antara setiap set.

4. Cobalah untuk Lakukan Kardio

Ya, informasi yang berkembang di tengah dunia kebugaran adalah, kardio berlebihan akan menyusutkan massa otot Anda. Ya, kata berlebihan rasanya perlu Anda garis bawahi. Anda tak perlu takut untuk kehilangan massa otot Anda karena kardio, selama Anda tak melakukannya dengan berlebihan.

Pada dasarnya latihan kardio sangat cocok untuk seseorang yang dengan program penurunan berat badan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki bobot tubuh ideal, maka Anda wajib melakukan latihan ini. Untuk menghapus kekhawatiran Anda, maka seimbangkan latihan kardio dengan latihan-latihan lainnya. Misalnya, angkat beban, deadlift, squat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Terapkan Metode HIIT Ketika Berada Di Atas Mesin Kardio

High Intensity Interval Training sering disebut juga dengan HIIT. Tidak hanya membakar kalori, metode ini juga sangat cocok untuk Anda yang melakukan Sprint dengan periode latihan yang cukup sering. Secara signifikan, HIIT akan meningkatkan pembakaran kalori pasca latihan hingga 24 jam lamanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com