Kompas.com - 27/02/2015, 11:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Serangan jantung, angina, dan gangguan jantung lainnya dapat terjadi akibat penyempitan atau tersumbatnya arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan pemasangan cincin atau operasi bypass.

Teknik pemasangan cincin (stent) merupakan cara terkini untuk mengatasi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah. Pemasangan stent pada periode emas atau kurang dari 3 jam setelah serangan jantung sangat menolong penderita.

Walau hampir semua keadaan penyempitan di pembuluh darah koroner dapat dilakukan pemasangan cincin, namun ada kondisi tertentu yang membuat pasien lebih disarankan melakukan operasi bypass (bedah pintas pembuluh darah).

"Operasi bypass adalah pembuatan atau pun penyambungan saluran darah baru karena yang lama sudah tersumbat," kata dr.Hariadi Hadibrata, spesialis bedah toraks dan kardiovaskular dari Bunda Heart Center Jakarta.

Operasi bypass disarankan jika ada lebih dari tiga pembuluh darah yang tersumbat, atau satu pembuluh darah yang cukup panjang.

"Kalau pasang cincin lebih dari 3 biayanya mahal, risiko pemasangannya juga sama dengan operasi bypass. Dalam jangka panjang juga hasilnya lebih baik bypass, terutama jika pasien memiliki penyakit hipertensi atau diabetes," paparnya.

Sementara itu, pada pasien yang berusia lebih dari 80 tahun atau pasien yang hanya memiliki satu sumbatan pembuluh darah yang pendek, disarankan untuk memasang cincin.

Dalam prosedur pemasangan cincin, dokter akan melakukan bius lokal kepada pasien untuk memasukkan stent (cincin koroner) ke dalam pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat. Sementara itu operasi bypass dilakukan dengan membuka bagian dada pasien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.