Kompas.com - 15/04/2015, 08:06 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Selain minum air putih agar tidak dehidrasi, para pesepeda rupanya memiliki cara tersendiri untuk menjaga stamina tubuhnya saat gowes jarak jauh. Hal ini tentunya dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar bisa terus mengikuti perjalanan bersepeda.

Luhut Napitupulu misalnya. Pesepeda dari Jakarta ini mengaku selalu membawa kurma saat bersepeda jarak jauh. Saat mengikuti Kompas Tambora Bike sejauh 408 kilometer yang digelar 9-11 April lalu, Luhut membawa sekitar 40 butir kurma.

“Sekali makan dua butir, biasanya saat ngos-ngosan dan haus,” kata Luhut kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Setelah makan kurma yang cukup manis, Luhut mengaku staminanya tetap terjaga. Apalagi saat mengikuti Tambora Bike, pesepeda dihadang jalur tanjakan dengan cuaca panas yang sangat menguras tenaga. Kurma itu ia letakkan di saku belakang jersey sehingga mudah mengambilnya saat gowes.

“Kurma sangat baik untuk dikonsumsi saat gowes jarak jauh, apalagi dalam keadaan panas. Sangat berguna sekali untuk energi kita,” lanjut Luhut.

Seperti diketahui, kurma memang mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan dektrosa. Ketika dikonsumsi, kurma langsung dapat menjadi pengganti energi yang hilang.

Lain lagi dengan Susilawati. Pesepeda yang juga mengikuti Tambora Bike ini membawa buah lemon dan madu. Ia kemudian membuat air lemon yang dicampur dengan madu.

“Aku minum pagi sebelum gowes dan sepanjang perjalanan juga minum sedikit-sedikit,” kata Susi.

Selain diminum, madu yang ia bawa pun juga berguna untuk menjaga kesehatan kulitnya yang ditempa panas terik cuaca di Pulau Sumbawa. Susi mengoleskan madu ke wajahnya.

Selain itu, para pesepeda Tambora Bike lainnya juga terlihat asyik gowes sambil makan buah pir, apel, hingga pisang. Ada pula pesepeda yang membawa suplemen yang mengandung vitamin dan mineral.

Mereka pun sukses menyelesaikan jalur bersepeda dari Mataram di Pulau Lombok hingga kaki Gunung Tambora di Doro Ncanga, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sejauh sekitar 408 km itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.