Kompas.com - 11/05/2015, 20:30 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com  Bagi sebagian orang, kehamilan tak datang dengan mudah. Enam tips berikut bisa membantu mewujudkan keinginan Anda untuk segera hamil, tentunya, dengan cara alami dan sehat.


1. Perhatikan berat badan

Idealnya, Anda memulai kehamilan memang pada saat berat badan ideal. Meski begitu, bukan berarti Anda harus melakukan penurunan berat badan secara radikal, dengan berbagai cara instan yang tidak sehat.

"Yang terbaik adalah melakukan pengaturan pola makan dan olahraga sebelum konsepsi dan lanjutkan hal ini saat hamil dan setelah persalinan," kata Dr Susan Clifford, asisten profesor obgyn di Duke University Medical Center.

Menjaga berat badan juga berarti berhenti merokok, menghindari alkohol, minum vitamin prenatal, dan mengonsumsi makanan sehat.

2. Prediksi masa subur

Untuk memaksimalkan peluang kehamilan, cobalah menggunakan alat prediksi masa subur. Alat ini akan mendeteksi hormon luteinizing yang tinggi saat kita sedang subur. Cara penggunaannya pun mudah, seperti halnya alat tes kehamilan di rumah.

3. Jaga suasana romantis

Salah satu usaha untuk hamil adalah melakukan hubungan seksual saat masa subur. Namun, keinginan yang besar untuk hamil biasanya justru akan membuat hubungan seksual sebagai suatu kewajiban. Sehingga, Anda dan suami pun berisiko terjebak dalam suasana tegang.

Untuk mencegah timbulnya perasaan tersebut, cobalah tetap bersikap romantis dan lakukan sesuatu yang membuat rileks sebelum bercinta. Misalnya, nonton film berdua atau pillow talk mengenai hal-hal ringan. Selain itu, hindari memaksa pasangan bercinta hanya karena Anda sedang dalam masa subur. Buat acara bercinta tetap menyenangkan, tanpa paksaan dan tekanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.