Kompas.com - 09/06/2015, 19:19 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Saya baru menikah sekitar 6 bulan dan istri belum juga hamil. Selain ejakulasi dini, kualitas sperma saya kok encer sekali ya, dok. Padahal, kami tidak terlalu sering melakukan hubungan seks. Sebaiknya, saya harus mengecek ke dokter bagian apa ya? Terima kasih.
 
Leonardo (30), Bekasi

JAWAB:

Kalau benar Anda mengalami ejakulasi dini, ini tidak ada hubungan dengan istri belum hamil, asal sperma masuk ke dalam vagina ketika melakukan hubungan seksual. Ejakulasi dini berhubungan dengan ketidakpuasan seksual, baik pada pria yang mengalami, maupun pasangannya.

Terjadinya kehamilan ditentukan oleh kesuburan pihak pria dan perempuan. Kalau kesuburan Anda atau istri terganggu, maka kehamilan terhambat.

Untuk menentukan kesuburan Anda normal atau tidak, pemeriksaan pun diperlukan, termasuk untuk analisis sperma. Jadi kalau ingin mengetahui soal kesuburan, ya harus lakukan analisis sperma. Silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi.   

 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.