Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Belum Hamil karena Sperma Suami Encer?

Kompas.com - 09/06/2015, 19:19 WIB

TANYA:

Saya baru menikah sekitar 6 bulan dan istri belum juga hamil. Selain ejakulasi dini, kualitas sperma saya kok encer sekali ya, dok. Padahal, kami tidak terlalu sering melakukan hubungan seks. Sebaiknya, saya harus mengecek ke dokter bagian apa ya? Terima kasih.
 
Leonardo (30), Bekasi

JAWAB:

Kalau benar Anda mengalami ejakulasi dini, ini tidak ada hubungan dengan istri belum hamil, asal sperma masuk ke dalam vagina ketika melakukan hubungan seksual. Ejakulasi dini berhubungan dengan ketidakpuasan seksual, baik pada pria yang mengalami, maupun pasangannya.

Terjadinya kehamilan ditentukan oleh kesuburan pihak pria dan perempuan. Kalau kesuburan Anda atau istri terganggu, maka kehamilan terhambat.

Untuk menentukan kesuburan Anda normal atau tidak, pemeriksaan pun diperlukan, termasuk untuk analisis sperma. Jadi kalau ingin mengetahui soal kesuburan, ya harus lakukan analisis sperma. Silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi.   

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com