Kompas.com - 21/08/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Setelah menguras banyak keringat saat berolahraga, mandi air dingin memang menyegarkan dan disebut-sebut mengurangi nyeri otot. Tapi hasil penelitian justru menyebutkan kegiatan itu malah melemahkan otot.

Kesimpulan itu dihasilkan berdasarkan studi terhadap 21 pria yang melakukan olahraga beban dua kali seminggu selama 12 minggu. Separuh dari pria itu mandi air es selama 10 menit dalam air bersuhu 10 derajat celcius. Sisanya melakukan pendinginan secara aktif, misalnya naik sepeda setelah tiap latihan beban.

Hasilnya, kekuatan dan massa otot lebih meningkat pada kelompok pria yang melakukan pendinginan dengan bersepeda dibandingkan dengan yang mandi air es.

"Kami menemukan bahwa mandi air es setelah berolahraga akan menurunkan kekuatan dan massa otot dalam jangka panjang," kata Llion Robert dari Universitas Qoueensland Australia.

Dalam bagian kedua penelitian, para partisipan melakukan olahraga untuk menguatkan kaki mereka lalu setelahnya mandi es atau melakukan pendinginan. Kemudian sampel jaringan otot dari kaki mereka diambil.

Pada kelompok yang mandi air es, aktivitas sel yang penting untuk membentuk otot yang lebih kuat dan besar justru tumpul sampai dua hari setelah olahraga.

Meski demikian, menurut Robert, efek negatif dari mandi es tersebut belum tentu terlihat jika kita selesai melakukan olahraga yang fokus pada ketahanan dan bukan kekuatan, misalnya berlari atau bersepeda.

"Ada efek positif yang dilaporkan pada sel dan protein otot saat melakukan mandi air es setelah melakukan olahraga tipe ketahanan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.