Kompas.com - 27/08/2015, 12:50 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com – Mengantuk di siang hari cukup menggangu aktivitas sehari-hari bagi Anda yang sibuk bekerja. Biasanya, serangan kantuk akan datang setelah makan siang. Minum secangkir kopi pun akhirnya dianggap sebagai "senjata" penyelamat untuk mengusir rasa kantuk. Padahal, ada banyak cara untuk menghilangkan rasa kantuk selain minum kopi.

Salah satu cara yang paling menarik adalah dengan menonton video kucing. Menurut American Chemical Society, cara ini cukup ampuh untuk membuat seseorang tetap terjaga tanpa bantuan kafein.


Para ahli kimia tersebut mengatakan, menonton video kucing yang lucu dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin atau hormon cinta yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Di sisi lain, juga menurunkan hormon kortisol atau hormon stres.


Menurut mereka, peningkatan hormon oksitosin dan penurunan hormon kortisol tersebut bisa membuat seseorang lebih konsentrasi atau fokus.


Selain menonton video kucing, para ahli juga menyarankan banyak minum air putih. “Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Gejala yang lebih serius, yaitu kebingungan, jantung berdebar-debar, hingga pingsan,” jelas para ahli.


Para ahli mengungkapkan, tubuh manusia dewasa sebanyak 50-65 persen terdiri dari air. Ketika muncul rasa haus, berarti tubuh telah kehilangan 2-3 persen cairan dalam tubuh. 

Kondisi itu bisa memengaruhui kondisi mental dan fisik seseorang. Sebab, air merupakan komponen utama dari plasma darah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen, protein, dan nutrisi ke seluruh tubuh.


Cara ketiga, menurut para ahli kimia, yaitu dengan mendengarkan musik maupun menari. Aktivitas tersebut bisa merangsang produksi hormon endorfin yang akan membuat seseorang merasa lebih bahagia dan bersemangat.


Musik juga dikenal sebagai pemicu rasa senang di bagian otak, dengan melepaskan hormon oksitosin seperti dopamin dan serotonin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.


Keempat, para ahli menyarankan untuk pergi ke luar ruang kerja di mana cukup terdapat cahaya terang, seperti sinar matahari maupun lampu. Kondisi cahaya terang dapat mengaktifkan neuron dalam hipotalamus kemudian melepaskan neurotransmitter yang disebut hypocretin.


Rasa kantuk berlebihan di siang hari bisa adi gejala narkolepsi, yaitu salah satu gangguan tidur. Narkolepsi ini disebabkan oleh kurangnya hypocretin. 


Terlepas dari itu semua, jika rasa kantuk sulit dihilangkan, menurut para ahli mungkin satu-satunya solusi adalah dengan tidur siang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.