Kompas.com - 03/11/2015, 13:20 WIB
Shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Sebuah kondisi neurologis langka dialami seorang pria 78 tahun di Perancis. Pria itu, sebut saja Mr B, tidak dapat mengenali wajahnya sendiri saat bercermin. Ia merasa hanya melihat orang asing saat bercermin di kamar mandi.

Dalam kasus yang dipublikasikan dalam jurnal Neurocase, Mr B bahkan mengajak bicara bayangannya sendiri di cermin dan membawakan dua alat makan. Mr B merasa kebingungan karena bayangannya itu tahu banyak tentang dirinya.

Dalam pemeriksaan medis, Mr B kemudian didiagnosis menderita sindrom Capgras. Sindrom Capgras biasanya membuat penderitanya  tidak bisa mengenali orang-orang terdekat, seperti suami, istri, dan anak-anak. Mereka melihat orang lain ketika berbicara dengan keluarga terdekat.  

Dokter Capucine Diard-Detoeuf, seorang ahli saraf di University Hospital of Tours di Perancis mengatakan, Mr B termasuk tipe sindrom Capgras atipikal karena juga tidak bisa mengenali wajahnya sendiri.

Dokter kemudian memberikan Mr B obat antipsikotik dan obat anti-kecemasan. Sebab, Mr B juga merasa cemas tinggal bersama keluarganya di rumah karena terlihat sebagai orang asing. Setelah rutin minum obat, gangguan pada Mr B pun hilang. Ia mengaku tak lagi melihat orang asing di rumahnya.

Sindrom Capgras pertama kali diketahui oleh psikiater Perancis Joseph Capgras  tahun 1923. Dalam kasus itu, pasien menganggap anggota keluarga dan teman-temannya adalah penipu.

Belum diketahui pasti penyebab sindrom Capgras. Menurut para ahli, kondisi yang dialami Mr B mirip dengan prosopagnosia. Menurut peneliti, dalam sindrom Capgras terjadi gangguan pada dua jalur otak yang berbeda.

Peneliti mengimbau para dokter untuk tidak salah mendiagnosa. "Kondisi klinis ini merupakan sindrom Capgras atipikal dan harus dibedakan dari prosopagnosia," ujar Diard-Detoeuf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.