Kompas.com - 09/11/2015, 13:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Memilih bra yang tepat dapat menaikkan rasa percaya diri. Selain itu, dapat membantu menjaga kesehatan tulang punggung. Jika Anda kerap merasa nyeri punggung, perlu dicek apakah bra yang Anda kenakan sehari-hari sudah sesuai dengan anatomi dan ukuran payudara.

Pasalnya, menurut Dr Marjorie Eskay-Auerbach dari North American Spine Society dan SpineCare and Forensic Medicine,  punggung nyeri pada wanita bisa saja dikarenakan oleh pemakaian bra yang kurang sesuai. Ada beberapa rambu-rambu pemakaian bra supaya punggung Anda tidak tersakiti. Berikut ini rambu-rambunya.

* Ukurannya harus pas. Marjorie menyarankan agar Anda melakukan pengukuran lingkar dada dua kali setahun. Pasalnya, bobot tubuh kita cenderung tidak stabil, dengan begitu ukuran payudara juga bisa berubah sewaktu-waktu.

* Lepas bra ketika Anda mau tidur dan selalu kenakan saat berkegiatan. Sama seperti mata, payudara dan punggung Anda juga perlu beristirahat dari semua pakaian yang mengikat.

* Pilih bra yang dapat menyangga payudara dengan baik. Jangan memilih bra bertali tipis. Penelitian  dari Universitas Texas Southwestern Medical School Dallas menyebutkan, bra bertali tipis dan ketat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan dan nyeri punggung.

Ini terjadi karena tali bra menekan simpul-simpul saraf yang  membentang dari bahu sampai leher. Selain itu, tali bra yang terlalu tipis juga tidak dapat menopang payudara dengan baik sehingga bentuk payudara bisa cepat turun.

* Pilihlah model bra yang memiliki pengait punggung berlapis supaya bisa diatur kelonggarannya. Tujuannya, agar punggung tak sakit karena pemakaian bra yang terlalu ketat.

Saran tambahan, dan ini bukan tentang bra. Untuk mengindari cedera punggung, Anda juga harus berlatih duduk, berdiri dan berjalan dengan postur yang benar. Jagalah agar posisi punggung tetap tegak namun rileks, baik di saat duduk, berdiri, maupun saat sedang berjalan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.