Kompas.com - 13/11/2015, 10:09 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Gula, dalam jumlah banyak, adalah ancaman bagi kesehatan. Selama bertahun-tahun para ahli telah mengingatkan bahaya konsumsi gula berlebihan karena bisa memicu berbagai penyakit. Perkaya pengetahuan Anda mengenai gula dengan mengetahui fakta-fakta berikut.

1. Sebagian gula lebih baik
Secara alami gula bisa kita temukan pada berbagai bahan makanan, seperti buah, sayuran, atau produk susu. Bahan makanan ini lebih baik karena juga mengandung serat, protein, dan juga kalsium, termasuk vitamin dan mineral.

Sementara itu ada juga gula yang ditambahkan dalam makanan, mulai dari gula pasir, sirup, sampai madu. Gula jenis ini tidak memiliki kandungan gizi. Meski madu atau sirup maple juga mengandung antioksidan dan mineral, tetapi kandungan kalorinya cukup tinggi.

2. Batasannya
Menurut American Heart Association, batasan asupan gula perhari untuk wanita adalah tak lebih dari 100 kalori (sekitar 6 sendok teh). Tetapi pada kenyataannya kebanyakan orang mengonsumsi gula sampai 18 sendok teh setiap hari. Asupan gula tersebut biasanya berasal dari minuman manis dan juga makanan kemasan.

3. Bacalah label makanan
Banyak makanan kemasan yang mengandung gula alami dan juga gula tambahan. Jenis gula tambahan yang sering dipakai antara lain gula merah, sirup jagung, maltose, fruktosa, dan lain sebagainya. Ada cara sederhana untuk menghitung jumlah gula. Ingatlah bahwa 1 sendok teh setara dengan 4 gram gula tambahan.

4. Alami tidak berarti bebas
Sayur dan buah-buahan memang mengandung gula alami, tetapi bukan berarti kita bisa bebas mengonsumsinya. Misalnya saja jus buah atau smoothie sayuran. Dalam satu botol jus sayuran berukuran 15 ons bisa mengandung 53 gram gula. Ingatlah batasan aman konsumsi gula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.