Kompas.com - 04/12/2015, 13:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com – Kemajuan pengobatan membuat peluang pasien kanker memiliki peluang sembuh total atau kelansungan hidup yang lebih lama. Terapi-terapi baru memang terus dikembangkan, misalnya saja dengan sel punca. Meski begitu, secara umum ada 5 pengobatanstandar yang dipakai para dokter untuk penyakit kanker.

1. Operasi
Operasi telah digunakan untuk mengobati kanker selama bertahun-tahun. Operasi dapat digunakan untuk mendiagnosa, mengobati, atau bahkan membantu mencegah kanker dalam beberapa kasus. Kebanyakan orang dengan kanker akan melakukan beberapa jenis operasi.

Operasi bisa memberi  kesempatan besar untuk sembuh, terlebih jika kanker belum menyebar ke bagian lain tubuh atau hanya di satu bagian tubuh saja. Tindakan pembedahan dilakukan karena berbagai alasan, salah satunya agar kemoterapi atau radiasi lebih efektif.

2. Kemoterapi
Kemoterapi adalah pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang sistemik untuk mengobati kanker.

Lebih dari 100 obat kemoterapi digunakan saat ini, baik sendiri maupun kombinasi dengan obat atau perawatan lain. Obat tersebut biasanya diberikan melalui suntikan atau disuntik ke dalam pembuluh darah.

Banyak orang mengaitkan kemoterapi dengan proses yang menakutkan. Tapi mengetahui secara pasti apa itu kemoterapi, cara kerjanya, dan apa yang diharapkan dari itu dapat membantu menenangkan rasa takut Anda. Hal ini juga dapat memberikan hal yang lebih baik dalam mengontrol pengobatan kanker Anda.

Tujuan pengobatan ini yang pertama adalah menyembuhkan. Jika tidak dapat disembuhkan, tujuan akan berubah menjadi mengontrol penyakit ini agar tidak menyebar. Kelangsungan hidup pasien biasanya lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalaninya.

3. Terapi radiasi
Terapi radiasi menggunakan partikel berenergi tinggi atau gelombang untuk menghancurkan atau merusak sel-sel kanker. Ini merupakan salah satu perawatan kanker yang umum, baik dilakukan terpisah maupun bersamaan dengan perawatan-perawatan lainnya.

Seperti pembedahan, radiasi biasanya tidak menyembuhkan jika sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh atau di luar medan radiasi. Namun, radiasi bisa saja digunakan karena dapat memperkecil tumor, mengurangi tanda dan gejala akibat kanker seperti tekanan, nyeri, atau perdarahan.

Setelah melakukan terapi radiasi, beberapa orang mungkin tidak memiliki efek samping, namun ada juga yang menmilikinya. Efek samping yang umum adalah merasa sangat lelah, perubahan kulit dan kehilangan nafsu makan. Efek samping juga tergantung bagian tubuh mana yang dirawat. Misal jika melakukan radiasi kepala, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Cancer.org
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.