Kompas.com - 15/12/2015, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna kawat gigi atau behel biasanya mengalami kesulitan untuk membersihkan sela-sela gigi. Padahal, gigi perlu dijaga kebersihannya agar tetap sehat. Untuk itu, ada sikat gigi dan juga pasta gigi khusus bagi pengguna behel.

Dokter Gigi Spesialis Ortodonti Dwi Anie Lestari mengatakan, sikat gigi khusus pengguna behel diperlukan agar bisa membersihkan gigi lebih maksimal.

"Kalau ada yang pakai sikat gigi biasa suka enggak bersih. Pakai sikat gigi khusus, biasanya gusi dan gigi jauh lebih bersih, gusi enggak berdarah," kata Dwi dalam acara peluncuran Formula Orthodontic di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Sikat gigi untuk pengguna behel biasanya dirancang khusus untuk bisa membersihkan sela-sela gigi dan kawat. Jika tidak membersihkan dengan baik, bisa terjadi penumpukan plak di sekitar behel dan lama-kelamaan menyebabkan gigi berlubang. "Pernah ada yang setelah dibuka behelnya, ternyata giginya berlubang," jelas Dwi.

Ada pula sikat kecil, seperti yang digunakan untuk membersihkan botol minuman. Sikat itu berfungsi untuk menjangkau sela gigi yang terhalang kawat gigi. Selain sikat gigi, ada pula pasta gigi khusus untuk pengguna behel.

Research and Innovation Manager Pasta Gigi Formula, Pudji Astuti mengatakan, untuk pengguna kawat gigi, perlu pasta gigi yang mengandung bisabolol. Bisabolol berfungsi untuk mencegah radang gusi yang bisa muncul karena pemasangan kawat gigi.

Kemudian juga mengandung sodium hyaluronate yang dapat memicu regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan luka, seperti sariawan.

"Jadi adanya bisabolol dan sodium hyaluronate efektif untuk mengatasi nyeri dan sariawan yang biasa dialami pengguna kawat gigi," kata Pudji.

Dwi melanjutkan, pada pengguna kawat gigi sebaiknya menambah frekuensi menyikat gigi, yaitu minimal dua kali sehari atau setiap kali setelah makan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.