Kompas.com - 11/01/2016, 12:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Reza Pahlevi
|
EditorLatief

KOMPASC.com - Susu merupakan minuman dengan kandungan zat gizi terlengkap karena mengandung hampir semua unsur pembangun tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai mineral. Karena kandungannya itu, susu tak hanya baik dikonsumsi anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Keuntungan utama minum susu datang dari mineral, kalsium dan fosfor di dalamnya yang berguna sebagai penguat tulang dan gigi. Jika memeriksa label kandungan gizi (nutrition facts) pada kemasan susu, Anda bisa mengetahui jumlah nutrisi termasuk kandungan lemaknya.

Memperhatikan asupan lemak dari susu merupakan antisipasi terhadap asupan lemak total dari konsumisi makanan atau minuman setiap hari. Kelebihan asupan lemak total dari susu dan santapan lainnya ini bisa menimbulkan dampak negatif untuk tubuh, yakni kegemukan. Alasan ini sering kali dijadikan alasan meninggalkan kebiasaan minum susu.

Anda tidak perlu kok sampai meninggalkan kebiasaan minum susu. Ingat, susu masih punya keuntungan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Kalau tidak minum susu, otomatis Anda juga tidak mendapatkan keuntungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Alternatifnya, Anda bisa memilih produk susu rendah lemak, seperti Susu Tropicana Slim Low Fat. Kandungan lemak dalam Susu Tropicana Slim Low Fat hanya 0,5 gram per sajian, dibandingkan susu lain yang rata-rata mengandung sekitar 8 gram lemak per sajian.

Sekarang, tak perlu khawatir kegemukan karena minum susu, bukan?


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X