Kompas.com - 12/01/2016, 20:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Saran tentang jenis suplemen  yang baik untuk Anda, bisa datang dari mana saja. Dokter merekomendasikan kalsium untuk tulang Anda, teman sangat mengidolakan suplemen zat besi, pasangan Anda sangat menyarankan vitamin E dan kepala Anda pening tak tahu mana yang harus dituruti.

Mungkin saja, Anda tidak perlu menuruti semuanya, demikian kata Lorraine Maita, MD, dokter di Summit, NJ, dan diploma American Academy of Anti-Aging and Regenerative Medicine.

Simak penuturan Maita dan pakar lainnya mengenai lima vitamin dan mineral yang sebenarnya tidak perlu Anda konsumsi dalam bentuk suplemen. Beberapa di antaranya bahkan bisa berbahaya.

 

1. Kalsium

Selama bertahun-tahun, kita disarankan mengonsumsi  suplemen kalsium demi tulang yang kuat. Ini saran yang tidak tepat, kata Maita.

"Penelitian terbaru menunjukkan, bahwa suplemen kalsium tidak benar-benar masuk ke tulang seperti yang diinginkan. Bahkan sebaliknya, suplemen kalsium  dapat menyebabkan pengapuran di pembuluh arteri dan jaringan lunak dan sebagai akibatnya meningkatkan risiko penyakit jantung," kata Maita lagi.

Terlebih lagi, suplemen kalsium dapat menyebabkan batu ginjal pada mereka yang rentan, kata Andrea Cox, RD, seorang ahli diet di Portland, OR.

Anda bisa mendapatkan semua kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda melalui makanan nonsusu seperti sayuran berdaun hijau, salmon, sarden, kacang putih, almond, dan brokoli.

 

2. Vitamin E

Vitamin E disebut dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, Alzheimer, katarak, dan kanker. Namun, yang kurang dipahami oleh banyak orang adalah vitamin E sebenarnya dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.