Kompas.com - 24/01/2016, 15:11 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ketika mencoba hamil, Anda pasti akan merasa sangat senang saat terlambat menstruasi, apalagi jika terlambat sampai dua minggu. Namun, ketika mencoba mengeceknya dengan tes kehamilan pribadi, bahkan hingga tiga kali, hasilnya selalu negatif.

Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah terlambat menstruasi selalu bisa dianggap sebagai awal kehamilan? Dan jika terlambat menstruasi tapi hasil tesnya negatif, normalkah kondisi tersebut?

Menurut para pakar, jika tes-tes kehamilan pribadi yang Anda lakukan, bahkan hingga tiga kali, setelah terlambat menstruasi selama dua minggu hasilnya selalu negatif, kemungkinannya Anda memang tidak hamil. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk memastikannya kepada dokter kandungan.

Kondisi normal

Ovarium normalnya melepaskan satu sel telur setiap bulannya, dan sekitar 14 hari setelah sel telur dilepaskan, jika tidak dibuahi, lapisan dalam rahim akan meluruh dan periode menstruasi pun dimulai. 

 Jika ovarium tidak melepaskan sel telur seperti seharusnya, rahim tidak akan bisa menerima tanda-tanda yang ia butuhkan untuk memulai periode menstruasi.

Ada kalanya wanita menggunakan pil KB untuk membantu ovarium dan rahim mereka berkomunikasi, sehingga mendapatkan menstruasi yang teratur, tapi hal itu tak akan bermanfaat jika Anda tengah mencoba untuk mendapatkan momongan.

 Jika tidak mengalami menstruasi selama tiga periode berturut-turut dan tes kehamilan pribadi menunjukkan hasil yang negatif, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Sehingga dokter bisa melakukan evaluasi menyeluruh, seandainya ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.

Ada banyak penyebab yang membuat wanita tak lagi mengalami menstruasi teratur, salah satunya adalah melakukan olahraga secara berlebihan. Berikut tiga kemungkinan penyebab lainnya:

Gangguan tiroid

Jika kelenjar tiroid, yang mengendalikan metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, jadwal menstruasi akan terganggu.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.