Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2016, 07:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Tak perlu puasa garam gula atau menyiapkan jenis jus tertentu untuk diminum. Beberapa cara sederhana ini membantu tubuh membuang racun yang mengganggu kesehatan.

Dr Frank Lipman, pendiri dan direktur perusahaan kebugaran Be Well mengatakan, “Ada cara sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari untuk meningkatkan fungsi hati dan mengurangi akumulasi produk beracun dalam tubuh," kata Lipman.


Awali hari dengan lemon
Segera setelah Anda bangun, minum segelas air hangat dengan lemon segar yang diperas. Ini akan memberikan tubuh elektrolit hydrating dalam bentuk kalium, kalsium, dan magnesium.

Selama semalaman, tubuh mengalami dehidrasi karena mengurus proses detoksifikasi, jadi penting untuk melembabkannya kembali sesaat setelah bangun tidur.

Air lemon juga membantu hati Anda menghasilkan lebih banyak enzim, yang membantu pencernaan dan mendorong hati untuk membersihkan racun.

Vitamin C dalam jus lemon, besarnya antioksidan, akan melindungi tubuh terhadap radikal bebas serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.


Banyak makan brokoli atau kembang kol
Mengisi piring dengan makanan yang kaya sulfur, seperti bawang, bawang putih, dan sayuran, termasuk brokoli, kale, kubis Brussel, kol, dan kembang kol dapat mengurangi peradangan jaringan yang kronis yang berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

"Makanan ini tinggi antioksidan, yang mendukung kemampuan tubuh untuk melawan racun," kata Lipman.


Hilangkan kulit mati
Beberapa kali dalam seminggu sebelum mandi, gosok kering kulit Anda dengan sikat berbulu lembut atau lulur.

Menyikat kulit dalam keadaan kering memiliki dua manfaat utama: "Ini membantu kulit Anda mengelupaskan sel-sel tua, menghilangkan penyumbatan pori-pori dan memungkinkan kulit bebas mengeluarkan keringat," jelas Lipman.

"Hal ini juga merangsang sirkulasi darah di bawah kulit Anda, yang membantu mempromosikan pembaharuan sel dan vitalitas."


Menyeruput teh
Teh mengandung dandelion atau milk thistle yang dapat meningkatkan fungsi hati, membantu untuk menurunkan penumpukan racun dalam jaringan.

Dalam review studi National Center for Complementary and Alternative Medicine, peneliti menemukan bahwa ramuan teh dapat membantu meningkatkan fungsi hati, melindungi terhadap kerusakan sel dan merangsang perbaikan jaringan hati.

Dan penelitian kanker menyebutkan bahwa milk thistle dalam teh dapat memperkuat dinding sel untuk mencegah racun dari luar masuk, merangsang enzim yang membuat racun menjadi lemah, dan memblokir radikal bebas yang menyerang sel-sel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com