Kompas.com - 02/06/2016, 11:36 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Walau seolah dua penyakit yang berbeda, ternyata migrain alias sakit kepala sebelah dan penyakit jantung ternyata saling berkaitan.

Wanita yang sering menderita migrain beresiko lebih besar menderita serangan jantung dan nyeri dada (angina), dibandingkan dengan wanita yang jarang sakit kepala hebat.

Migrain pada wanita bukan menjadi faktor risiko penyakit jantung, tetapi juga meningkatkan risiko kematian yang terkait dengan gangguan jantung.

Meski begitu, menurut Dr.Rebecca Burch, ahli penyakit jantung dari Harvard Medical School, selain migrain masih ada beberapa faktor risiko penyakit jantung lain yang lebih besar. Misalnya saja merokok, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi.

Penelitian sebelumnya juga menyimpulkan adanya hubungan antara wanita yang sering menderita migrain, terutama jika dibarengi dengan gejala lain seperti pusing atau suara berdering di telinga, lebih beresiko tinggi menderita stroke.

Para ahli belum mengetahui dengan pasti mengapa migrain bisa membuat seseorang rentan sakit jantung. Salah satu penjelsannya adalah kedua kondisi itu memiliki mekanisme yang sama.

"Mungkin ada yang berbeda pada pembuluh darah orang yang sering migrain sehingga membuat mereka rentan," kata Burch.

Untuk memperkecil risiko serangan jantung dan stroke, mulailah memiliki gaya hidup sehat, misalnya mengendalikan tekanan darah, kolesterol, dan hidup aktif secara fisik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.