Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2016, 21:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Seperti buah-buahan dan sayuran lainnya, tomat mengandung vitamin dan juga antioksidan yang menyehatkan tubuh. Akan tetapi, si buah merah ini ternyata punya manfaat lain, yaitu untuk kesuburan pria.

Sejumlah penelitian telah membuktikan, kandungan likopen pada tomat dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Likopen adalah senyawa yang membuat tomat berwarna merah dan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di tubuh.

Kali ini sejumlah peneliti pun ingin mengetahui apakah likopen juga bisa mencegah kerusakan DNA sperma. Secara keseluruhan, para peneliti ingin melihat apakah konsumsi tomat mampu meningkatkan kualitas sperma.

Penelitian dibagi dua kelompok, di mana salah satu kelompok akan diberikan suplemen likopen untuk jangka waktu tertentu, sedangkan kelompok lainnya tidak diberikan.

Hasil penelitian sementara melihat adanya hubungan antara likopen dan kualitas sperma. Dengan begitu, laki-laki akan memiliki alasan untuk makan lebih dari satu tomat per hari secara teratur.

Ahli kesehatan reproduksi pria di London profesor Roger Kirby, sebelumnya juga telah lama merekomendasikan penggunaan likopen itu untuk meningkatkan kualitas sperma.

Para peneliti dari Universitas Sheffield juga tengah mengembangkan pil tomat untuk meningkatkan kesuburan pria.

Harapannya, pemberian pil tomat dapat membantu pasangan yang mengalami infertilitas atau ketidaksuburan. Sebab, salah satu masalah infertilitas adalah buruknya kualitas sperma pria. Kualitas sperma dapar dilihat dari jumlahnya, bentuknya, kecepatan pergerakan sperma, hingga DNA sperma.

Sejumlah penelitian lainnya juga menemukan likopen dapat memperlambat perkembangan kanker prostat dan memperlambat pembesaran prostat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com