Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2016, 11:02 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara kreatif untuk membantu pasien kanker anak. Salah satunya seperti dilakukan PT Roche Indonesia. Perusahaan farmasi dan diagnostik mengumpulkan dana secara swadaya melalui para karyawannya dengan berbagai cara.

"Ada yang lari 120 kilometer. Setiap kilometer dijual Rp 100 ribu. Jadi Rp 12 juta yang terkumpul untuk donasi," ujar Head of Corporate Affairs and Access PT Roche Indonesia, Lucia Erniawati di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Sejumlah karyawan lainnya juga ada yang menjual makanan hasil masakan sendiri, jus, sepatu, tipografi, dan foto. Yang unik lainnya, dana dikumpulkan dengan cara lelang pertunjukkan kayawan. Ada karyawan yang bernyanyi, teater, hingga menari.

Hingga Kamis kemarin, dana yang berhasil dikumpulkan dari acara Roche Children's Walk itu sebesar Rp 121.885.200. Total dana tersebut kemudian akan ditambah dua kali lipat oleh PT Roche, sehingga menjadi sekitar Rp 200 juta.

Luci mengungkapkan, donasi akan disalurkan untuk penanganan kanker anak di Indonesia, khususnya untuk membantu peningkatan pelayanan bangsal anak di Rumah Sakit Dharmais.

Dokter spesialis kanker anak dari RS Dharmais, Edi Setiawan Tehuteru mengatakan, pasien kanker anak memng tak hanya butuh pengobatan untuk penyakitnya, tetapi juga perlu dukungan sosial dan psikososial.

Itulah mengapa, pelayanan di bangsal anak RS Dharmais sangat memperhatikan aspek psikologis dan sosial dari pasien kanker anak. Donasi yang mengalir untuk pasien kanker anak juga banyak berupa kegiatan seperti menonton film, menyanyi, hingga donasi buku untuk perpustakaan di bangsal.

"Donasi enggak cuma duit. Ada juga yang punya keahlian pijat refleksi ingin membantu di bangsal anak. Akhirnya, dia memberikan pijat refleksi gratis untuk orangtua yang menemani anaknya di rumah sakit," ungkp Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com