Banyak Cara Kreatif Membantu Pasien Kanker Anak

Kompas.com - 17/06/2016, 11:02 WIB
Ilustrasi kanker ShutterstockIlustrasi kanker
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara kreatif untuk membantu pasien kanker anak. Salah satunya seperti dilakukan PT Roche Indonesia. Perusahaan farmasi dan diagnostik mengumpulkan dana secara swadaya melalui para karyawannya dengan berbagai cara.

"Ada yang lari 120 kilometer. Setiap kilometer dijual Rp 100 ribu. Jadi Rp 12 juta yang terkumpul untuk donasi," ujar Head of Corporate Affairs and Access PT Roche Indonesia, Lucia Erniawati di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Sejumlah karyawan lainnya juga ada yang menjual makanan hasil masakan sendiri, jus, sepatu, tipografi, dan foto. Yang unik lainnya, dana dikumpulkan dengan cara lelang pertunjukkan kayawan. Ada karyawan yang bernyanyi, teater, hingga menari.

Hingga Kamis kemarin, dana yang berhasil dikumpulkan dari acara Roche Children's Walk itu sebesar Rp 121.885.200. Total dana tersebut kemudian akan ditambah dua kali lipat oleh PT Roche, sehingga menjadi sekitar Rp 200 juta.

Luci mengungkapkan, donasi akan disalurkan untuk penanganan kanker anak di Indonesia, khususnya untuk membantu peningkatan pelayanan bangsal anak di Rumah Sakit Dharmais.

Dokter spesialis kanker anak dari RS Dharmais, Edi Setiawan Tehuteru mengatakan, pasien kanker anak memng tak hanya butuh pengobatan untuk penyakitnya, tetapi juga perlu dukungan sosial dan psikososial.

Itulah mengapa, pelayanan di bangsal anak RS Dharmais sangat memperhatikan aspek psikologis dan sosial dari pasien kanker anak. Donasi yang mengalir untuk pasien kanker anak juga banyak berupa kegiatan seperti menonton film, menyanyi, hingga donasi buku untuk perpustakaan di bangsal.

"Donasi enggak cuma duit. Ada juga yang punya keahlian pijat refleksi ingin membantu di bangsal anak. Akhirnya, dia memberikan pijat refleksi gratis untuk orangtua yang menemani anaknya di rumah sakit," ungkp Edi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X