Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2016, 15:56 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Penyakit hati bisa disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B, C, dan A, kebiasaan minum alkohol berlebihan, hingga kelebihan lemak hati. Lambat laun, bisa terjadi sirosis atau kerusakan hati karena rusaknya sel-sel di hati.

Jika tidak segera diobati bisa terjadi kerusakan secara permanen. Perhatikanlah kesehatan tubuh Anda. Jangan abaikan jika terjadi perubahan yang tidak sehat pada tubuh. Berikut tanda-tanda yang perlu diwaspadai terjadinya kerusakan hati seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Warna urine gelap

Pernahkah Anda selalu memperhatikan warna urine dan tinja? Perubahan warna bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Jika urine berwarna gelap dan berbusa, serta tinja cair dan pucat, waspadai adanya kerusakan hati.

2. Asam lambung naik

Asam lambung naik bisa dipicu oleh konsumsi makanan yang terlalu asam. Jika hanya terjadi beberapa kali masih terbilang normal. Namun, jika refluks asam terus terjadi tanpa alasan yang jelas, diikuti mual dan muntah, bisa jadi tanda kerusakan hati.

3. Tubuh gatal

Tidak punya alergi dan masalah kulit, tetapi tubuh terasa sangat gatal merupakan tanda-tanda peringataan adanya kerusakan hati. Tubuh terasa gatal karena terjadi perubahan hormonal. Jangan ditunda, segera periksa ke dokter jika mengalami masalah ini.

4. Mudah memar

Tanda lain dari kerusakan hati adalah tubuh mudah memar dan perdarahan abnormal. Mudah memar dan terluka terjadi karena menurunnya fungsi hati untuk membekukan darah ketika terjadi luka atau cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com