6 Hal yang Penting Diketahui tentang Hepatitis C

Kompas.com - 31/07/2016, 15:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Hepatitis C adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus. Ini adalah penyakit yang bisa mematikan. Jika tidak diobati, dapat berubah menjadi penyakit hati seumur hidup.

Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Sekitar 130–170 juta orang di dunia menderita hepatitis C. Para ilmuwan mulai meneliti HCV pada tahun 1970-an, dan memastikan keberadaan virus tersebut pada tahun 1989.

Semua orang bisa tertular HCV, tidak terkecuali Anda. Karena itu, penting bagi semua orang untuk memahami penyakit ini dengan lebih baik.


Bagaimana Seseorang Bisa Terkena Hepatitis C?

Cara penularan paling umum penyakit ini adalah lewat jarum atau peralatan lain yang digunakan untuk menyuntikkan obat-obatan terlarang. Seorang tenaga medis juga bisa tertular jika dia tidak sengaja tertusuk oleh jarum yang telah digunakan oleh pasien yang terinfeksi.

Meski jarang terjadi, Anda juga bisa tertular penyakit ini lewat jarum tato yang tidak steril atau lewat transfusi darah. Hepatitis C tidak menular lewat ciuman, pelukan, atau berbagi peralatan makan.


Siapa yang bisa terkena Hepatitis C?

Orang-orang yang lahir antara tahun 1945 dan 1965, banyak yang tertular Hepatitis C dan para ahli tidak tahu penyebab pastinya. Beberapa dari mereka terinfeksi sebelum metode skrining darah berubah pada tahun 1992. Sedangkan, yang lainnya tertular lewat obat atau alat suntik.

Dari sejarah tersebut kita bisa mengatakan bahwa semua orang bisa terkena jika dia secara sengaja atau tidak terinfeksi virus lewat jarum suntk atau peralatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan darah.


Gejala

Halaman:

Sumber WebMD
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X