Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusar Menonjol Selama Kehamilan Bisa Jadi Gejala Penyakit

Kompas.com - 02/10/2016, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Pusar menonjol saat hamil adalah hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Biasanya, pusar menonjol saat memasuki trimester ke-2.

Secara umum, pusar ibu hamil menonjol memang disebabkan oleh ukuran janin yang membesar, sehingga menekan perut ke arah luar. Meskipun tidak berbahaya, pusar ibu hamil yang menonjol ini bisa saja menjadi gejala dari hernia umbilikalis.

Hernia sendiri merupakan lubang di dinding otot perut yang mengalami robek, karena meningkatnya tekanan dari dalam janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Untuk membedakannya, hernia umbilikalis biasanya disertai dengan rasa nyeri. Hernia juga diikuti dengan benjolan di sekitar pusar yang kadang kali tidak menimbulkan nyeri. Jika mengalami masalah ini, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek gangguan ini.

Namun Anda juga tidak perlu khawatir, sebab hernia tidak memerlukan pengobatan yang serius. Hanya memerlukan sedikit pengobatan untuk meringankan kondisi ini.

Anda bisa coba mengurangi dampak benjolan dengan berbaring telentang dan mendorong dengan lembut tonjolan tersebut. Jika pusar yang menonjol menimbulkan nyeri, dokter biasanya akan memeriksa, agar tidak menganggu kelancaran proses melahirkan.

Pusar ibu hamil juga bisa saja mengalami masalah lain seperti gatal misalnya. Saat merasa gatal, ada baiknya tidak menggaruknya, karena akan berujung pada iritasi.

Anda bisa memakai pelembab kulit untuk mengurai gejala gatal. Hindari pula menggunakan plester untuk menahan pusar, karena berisiko mengalami iritasi.

Bagi ibu hamil yang tidak mengalami gangguan hernia, ada baiknya tak perlu berusaha untuk menutupi kondisi ini. Pusar yang menonjol biasanya akan kembali ke ukuran normal setelah melahirkan.

Anda juga sebaiknya tidak percaya mengenai mitos seputar jenis kelamin janin yang berhubungan dengan bentuk pusar. Tidak ada hubungannya, antara jenis kelamin dan menonjolnya pusar ibu hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com