Kompas.com - 02/10/2016, 14:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Pusar menonjol saat hamil adalah hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Biasanya, pusar menonjol saat memasuki trimester ke-2.

Secara umum, pusar ibu hamil menonjol memang disebabkan oleh ukuran janin yang membesar, sehingga menekan perut ke arah luar. Meskipun tidak berbahaya, pusar ibu hamil yang menonjol ini bisa saja menjadi gejala dari hernia umbilikalis.

Hernia sendiri merupakan lubang di dinding otot perut yang mengalami robek, karena meningkatnya tekanan dari dalam janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Untuk membedakannya, hernia umbilikalis biasanya disertai dengan rasa nyeri. Hernia juga diikuti dengan benjolan di sekitar pusar yang kadang kali tidak menimbulkan nyeri. Jika mengalami masalah ini, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek gangguan ini.

Namun Anda juga tidak perlu khawatir, sebab hernia tidak memerlukan pengobatan yang serius. Hanya memerlukan sedikit pengobatan untuk meringankan kondisi ini.

Anda bisa coba mengurangi dampak benjolan dengan berbaring telentang dan mendorong dengan lembut tonjolan tersebut. Jika pusar yang menonjol menimbulkan nyeri, dokter biasanya akan memeriksa, agar tidak menganggu kelancaran proses melahirkan.

Pusar ibu hamil juga bisa saja mengalami masalah lain seperti gatal misalnya. Saat merasa gatal, ada baiknya tidak menggaruknya, karena akan berujung pada iritasi.

Anda bisa memakai pelembab kulit untuk mengurai gejala gatal. Hindari pula menggunakan plester untuk menahan pusar, karena berisiko mengalami iritasi.

Bagi ibu hamil yang tidak mengalami gangguan hernia, ada baiknya tak perlu berusaha untuk menutupi kondisi ini. Pusar yang menonjol biasanya akan kembali ke ukuran normal setelah melahirkan.

Anda juga sebaiknya tidak percaya mengenai mitos seputar jenis kelamin janin yang berhubungan dengan bentuk pusar. Tidak ada hubungannya, antara jenis kelamin dan menonjolnya pusar ibu hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.