Kompas.com - 12/10/2016, 17:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makanan Nusantara kaya akan rempah-rempah. Bersyukurlah untuk itu. Bukan hanya karena rempah-rempah dapat meningkatkan rasa makanan, tapi juga sarat manfaat kesehatan seperti dijelaskan di bawah ini.

Bubuk kari

Bahan utama bubuk kari adalah kunyit yang berisi kurkumin yang bersifat anti-inflamasi 50 kali lebih kuat dari vitamin C atau E," kata Bharat Aggarwal, MDPhD, seorang profesor di University of Texas MD Anderson Cancer Center dan penulis buku Healing Spices.

Ada satu studi yang menunjukkan, bahwa kurkumin dapat menghambat pertumbuhan tertentu sel kanker payudara. Ada juga penelitian lain yang menyebutkan kukurmin mampu melindungi kita dari kanker usus besar.

Rosemary

Memasak dengan temperatur tinggi akan menghasilkan senyawa yang disebut heterosiklik amina, yang merupakan radikal bebas penyebab kanker, jelas Hannah El-Amin, RD seorang ahli diet di Northwestern Memorial Hospital di Chicago.

Tapi jika Anda membubui bahan makanan dengan Rosemary sebelum memasaknya, pembentukan heterosiklik amina akan berkurang sebanyak 84 persen, demikian menurut studi di Kansas State University.

Oregano

Satu sendok teh oregano tidak hanya berisi enam mikrogram vitamin K, tetapi juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang sama. Penelitian menunjukkan, bahwa oregano dapat membantu menangkis flu perut.

"Bakteri sering mencari tumpangan pada makanan yang kita makan, dan oregano dapat menjaga mereka agar tidak bertambah banyak dan membuat kita sakit," kata Bazilian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.