Kompas.com - 13/10/2016, 21:16 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mungkin bakteri yang bersarang di handuk tak langsung membuat Anda sakit, namun sangat mungkin membuat Anda jadi gampang tertular penyakit.

Saat handuk bersih sekalipun dipakai untuk mengeringkan tubuh yang basah, maka saat itu pula pertumbuhan bakteri serta jamur bisa dimulai.

"Selalu ada kuman pada tubuh kita, itu sudah pasti," kata Marilyn C. Roberts, seorang profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Washington School of Public Health. "Dan ada pertumbuhan bakteri yang cepat pada handuk yang basah."

Menurut Roberts, masalah terbesar dengan handuk adalah kelembaban yang konsisten. Jika tetap basah, bakteri akan tumbuh.

Bakteri suka kelembaban, tetapi mereka tidak mencintai daerah yang telah kering. Itu sebabnya, langsung menjemur handuk di tempat kering atau di bawah terik matahari dapat menjadi cara menghentikan pertumbuhan bakteri, termasuk jamur.

Sebaliknya, jika Anda tetap menyimpan handuk dalam gantungan kamar mandi, handuk akan terus lembab hingga Anda memakainya kembali.

Bakteri lingkungan seperti mycobacteria nontuberculous, dapat ditemukan di kepala shower yang tak pernah dibersihkan dan dapat menyebabkan infeksi paru-paru.

Termasuk bakter Legionella yang dapat berkembang biak di dalam sistem air dan menyebabkan penyakit pernapasan. Keduanya dapat hidup berlama-lama di handuk yang lembab.

Individu dengan sistem kekebalan yang lemah maupun usia yang sudah tua, juga sangat mungkin terinfeksi bakteri atau virus yang tersebar di kamar mandi dan menetap di handuk.

Biasanya, infeksi yang paling banyak terjadi akibat paparan bakteri dalam handuk lembab ialah radang tenggorokan yang dapat memicu batuk, ruam dan gatal pada kulit, serta kulit kepala gatal.

"Orang-orang yang kerap mengalami kondisi itu, sebaiknya menggunakan handuk kering setiap kali mereka mandi karena dengan mudah terinfeksi bakteri atau virus yang tersebar di kamar mandi," saran Roberts.

Untuk orang dewasa dengan kondisi tersebut atau sedang merasa tidak fit, Roberts menyarankan untuk memiliki dua handuk mandi, satu untuk di pagi hari, yang lainnya untuk malam hari, sehingga handuk bebas dari lembab selama 24 jam. Dan untuk penggunaan sebanyak dua kali sehari, handuk harus dicuci setiap 3-4 hari sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Yahoo News

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.