Kompas.com - 10/11/2016, 13:06 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

MALANG, KOMPAS.com — Kesehatan fisik calon ibu akan berpengaruh besar pada kesehatan bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, mereka disarankan menjaga kesehatan sejak remaja. Semakin terjaga kesehatan ibu, semakin prima kualitas bayi.

Ketua Himpunan Obstetri Ginekologi Sosial Kota Malang dr Mulyohadi Sungkono, SpOG, mengatakan, banyak kasus kematian bayi disebabkan oleh faktor kesehatan ibu. Salah satunya adalah kasus berat bayi lahir rendah (BBLR).

"Kematian bayi akibat BBLR bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya adalah gizi rendah. Selain itu, kondisi fisik ibu saat masih remaja, misalnya kebiasaan merokok atau infeksi menular seksual," katanya.

Pola hidup sehat seharusnya tidak cuma dilakukan sejak mereka positif hamil. Namun, ini sebaiknya sudah menjadi gaya hidup mereka sejak muda, seperti menerapkan pola makan sehat, menjaga berat badan ideal, serta menjauhi rokok dan alkohol.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.