Kompas.com - 23/11/2016, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Insomnia alias susah tidur dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius jika dibiarkan. Untuk mencegah datangnya insomnia, jangan terburu-buru konsumsi obat tidur.

Menurut dr. Astuti Sp.S (K) dari Klinik Gangguan Tidur di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, pencegahan insomnia bisa dimulai dengan memperbaiki aktivitas sehari-hari sebelum tidur.

1. Hindari olahraga sebelum tidur

Olahraga teratur memang disarankan. Akan tetapi, jangan olahraga sebelum waktu tidur. Jika Anda sering kesulitan tidur, seharusnya sudah tidak olahraga pada 4 jam sebelum tidur.

"Banyak sekali paradigma yang salah di masyarakat, bahwa olahraga bisa langsung tidur. Padahal, bisa jadi gelisah dan enggak bisa tidur," kata Astuti.

2. Perbaiki pola makan sebelum tidur

Sudah umum diketahui jika sebelum tidur sebaiknya hindari minum kopi maupun teh karena mengandung kafein. Selain bisa membuat sulit tidur, minuman tesebut juga bisa merangsang perut jadi tidak nyaman.

Hindari juga makanan yang susah diproses, merokok, dan akohol sebelum tidur. "Lebih bagus makan dessert, seperti buah-buahan dan sayuran yang tidak merangsang perut," ujar Astuti.

3. Pakai baju yang nyaman

Pakaian juga membantu seseorang bisa tidur lebih nyenyak. Pakailah baju tidur yang nyaman, misalnya yang berbahan lembut, tidak panas, longgar, atau tidak terlalu ketat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.