Kompas.com - 28/11/2016, 10:50 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Infeksi bakteri yang kronik pada gusi atau disebut dengan periodontitis jangan diabaikan. Komplikasi akibat kondisi ini sangat serius, mulai dari penyakit jantung sampai sulit ereksi pada pria.

Gejala radang gusi antara lain perubahan warna gusi menjadi merah, bengkak, dan melunak, gigi mudah berdarah saat disikat, serta gusi terasa panas dan sakit. Jika dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan periodontitis.

Dalam review lima penelitian antara tahun 2009-2014 yang mengikutsertakan total 213.000 pasien menemukan, disfungsi ereksi alias impotensi lazim ditemui pada pria yang menderita penyakit gusi.

"Mekanisme biologi antara disfungsi ereksi pada pasien periodontitis memang belum diketahui dengan jelas. Namun, pasien dengan periodontitis kronik perlu mengetahui komplikasi penyakitnya," kata Dr.Zhigang Zao, peneliti dari China.

Dari hasil penelitian itu juga terungkap, disfungsi ereksi pada pasien periodontitis kronik umumnya terjadi pada kelompok usia kurang dari 40 tahun dan lebih dari 59 tahun.

Setelah memperhitungkan faktor penyakit diabetes, yang juga memengaruhi risiko terjadinya penyakit gusi dan disfungsi ereksi, ternyata disfungsi ereksi 2,28 kali lebih tinggi pada pasien periodontitis.

Penyakit periodontitis sebenarnya bisa dicegah dengan memperhatikan kebersihan gigi dan mulut, serta membersihkan karang gigi secara berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Foxnews

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.