Kompas.com - 03/12/2016, 13:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

SALATIGA, KOMPAS.com - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Salatiga terus bertambah. Selama tahun 2016 hingga bulan november tercatat ada 17 kasus HIV baru.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Salatiga, Siti Zuraidah mengatakan, sebagian besar temuan kasus HIV  tersebut ditemukan pada kelompok orang yang melakukan seks beresiko atau berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom.

"Sebagian besar adalah heteroseksual atau berganti-ganti pasangan," kata Siti Zuraidah, di sela peringatan Hari AIDS se-Dunia tingkat Kota Salatiga Jumat (2/12/2016).

Dengan bertambahnya kasus baru ini, lanjutnya, maka total penderita HIV/AIDS di Salatiga tahun 2016 ini sudah mencapai 230 orang. "Tahun 2015 lalu angkanya mencapai 213 orang," imbuhnya.

Menurut Zuraidah, kendati terjadi penambahan tetapi jumlahnya masih bisa dibilang stagnan. Pihaknya telah melakukan sejumlah upaya bersama-sama dengan Puskesmas dan komunitas sebaya. Kuncinya adalah mereka yang terjangkit selalu mendapatkan pemeriksaan.

"Kasus HIV/AIDS itu ibarat gunung es. Ditemukan (kasus) atau tidak, semakin meningkat," ujarnya.

Berdasarkan data temuan terbaru tersebut, imbuhnya, selain pada ibu rumah tangga, penderita HIV yang terbanyak adalah orang yang sering berganti-ganti pasangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.