Kompas.com - 19/12/2016, 11:46 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jangan sepelekan menumpuknya kuman di rongga mulut. Bukan hanya menyebabkan gigi berlubang, infeksi pada gusi ternyata juga memicu artritis.

Penelitian baru menemukan gosok gigi dapat mencegah penyakit artritis. Para ahli mengatakan penemuan ini menambah bukti reumatoid artritis berhubungan dengan kebersihan gigi.

Infeksi A actinomycetemcomitans penyebab penyakit gusi memproduksi protein penyebab kekacauan di sistem kekebalan tubuh. Citrulilination yang mengatur produksi protein tersebut diketahui terjadi secara alami dalam tubuh. Namun, pada pasien reumatoid artritis proses tersebut menjadi overeaktif, menyebabkan inflamasi dan kerusakan jaringan. Begitu laporan para peneliti dari John Hopkins University.

Dalam studi baru itu, peneliti menemukan kejadian itu dengan jelas pada sampel pasien penyakit gusi. Namun peneliti memperingatkan lebih dari separuh peserta penelitian dengan reumatoid artritis belum terinfeksi.

Menurut mereka, ini mengindikasikan bakteri lain di usus, paru-paru atau di organ lain dapat menyebabkan nyeri persendian.

Filipina Andrade dari John Hopkins University berkata, "Ini seperti meletakkan potongan-potongan terakhir puzzle rumit yang sudah dikerjakan bertahun-tahun." Penemuan yang diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine ini bakal berdampak pada pencegahan dan pengobatan reumatoid artritis.

Penyakit reumatoid artritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal dan menyerang sel penyebab persendian kaku dan nyeri. Lebih dari 700.000 orang di Inggris menderita penyakit ini dan paling banyak diderita lansia.

Pemimpin penelitian, Dr Maximillian Konig yang saat ini di Massachusetts General Hospital mengatakan, "Penelitian ini membuat kita semakin dekat pada agar penyebab penyakit reumatoid artritis."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.