Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Latihan Mental untuk Memaksimalkan Olahraga Anda

Kompas.com - 06/01/2017, 16:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com - Latihan kesadaran menjadi cara yang semakin populer untuk memaksimalkan program olahraga Anda dengan cara membantu melatih otot-otot seraya menyeimbangkan pikiran.

Sekarang ini, ada semakin banyak studio kebugaran yang menyediakan latihan bagi otot dan mental Anda sekaligus, menggabungkan latihan kekuatan dengan yoga dan meditasi.

Tapi, Anda tidak harus berlatih di studio karena latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan tip dari Brian Delmonico, pencipta Circuit of Change, sebuah camp pelatihan bagi tubuh dan pikiran, serta Ariane Machin, Ph.D., seorang psikolog olahraga dan salah satu pendiri Conscious Coaching Collective di Raleigh, North Carolina, berikut ini.

1. Letakkan tangan ke jantung

Duduk dengan kaki disilangkan di lantai. Tempatkan tangan kiri Anda di atas dada an tangan kanan di atas kepala Anda, bernapas lambat dalam-dalam dalam 10 hitungan.

2. Pemanasan

Biarkan darah Anda mengalir dan bangun intensitas dengan melakukan urutan ini tiga kali: Dari child pose, angkat pinggul ke downward dog kemudian high plank.

3. Memilih mantra

Mantra atau kata-kata penyemangat berguna untuk menguatkan mental Anda. Anda bisa memilihnya sendiri kata-kata yang mengandung semangat, atau kesabaran, atau keyakinan, atau pengampunan. Ucapkan saat akan memulai dan mengakhiri latihan.

4. Biarkan detak jantung Anda meningkat

Tantangan fisik seringkali merupakan tantangan mental juga. Doronglah kemampuan fisik Anda hingga mencapai batas maksimal, apakah itu melompat lalu jongkok, menendang atau berlari.

5. Lakukan gerakan ringan berulang

Selama satu menit lakukan gerakan sederhana berulang, seperti mengibaskan lengan dan kaki.

Dalam pengobatan tradisional Cina, praktisi menggunakan gerak repetisi sebagai salah satu cara meditasi dan untuk menransfer energi.

6. Pendinginan

Lakukan selama lima menit penuh pose Savasana. Ini adalah pose yoga di mana Anda berbaring telentang, bernapas dalam-dalam dan membiarkan pikiran Anda dalam kedamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com