Kompas.com - 03/02/2017, 17:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com -Tidur malam yang cukup dan berkualitas akan menyehatkan tubuh. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, asupan makanan dan minuman sebelum tidur ternyata ikut mempengaruhi.

Seperti dikutip dari Daily Mail, penulis The Good Sleep Guide, Sammy Margo mengungkapkan asupan apa saja yang baik dikonsumsi sebelum tidur dan yang seharusnya dihindari.

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur

1. Pisang
Pisang termasuk buah yang baik dikonsumsi pada malam hari. Sammy mengatakan, pisang yang kaya magnesium itu membantu merelaksasi otot dan merangsang hormon tidur, seperti melatonin dan serotonin.

2. Madu
Banyak orang yang sulit tidur karena gelisah atau memikirkan sesuatu. Menurut Sammy, cukup satu sendok teh madu dapat menurunkan kadar orexin, suatu zat kimia yang membuat seseorang terus terjaga.

3. Almond
Kandungan tryptophan dan magnesium pada almond bermanfaat untuk merelaksasi otot dan mengurangi ketegangan saraf. Dengan begitu, konsumsi almond pada malam hari bisa membantu tidur lebih pulas.

4. Gandum
Sammy mengatakan, gandum yang kaya akan serat mengandung melatonin. Melatonin dikenal sebagai hormon tidur yang akan membuat tidur pulas.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

1. Alkohol
Konsumsi minuman berakohol dapat mencegah seseorang mencapai fase tidur dalam. Hal ini membuat bangun tidur di pagi hari menjadi terasa pusing.

Jadi, salah kaprah bila seseorang minum-minuman berakohol untuk membantunya tidur nyenyak.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.