Kompas.com - 19/02/2017, 18:59 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tidur larut malam alias begadang sejatinya tidak baik dilakukan oleh orang dewasa, apalagi anak-anak. Namun, energi yang besar sering kali membuat anak susah tidur di malam hari.

Nah, mungkin 4 strategi berikut ini bisa diterapkan untuk membuat anak cepat mengantuk dan lelap sepanjang malam.

1. Bangun Imajinasi dengan dongeng

Anak usia balita mampu belajar cepat dan kreatif. Di malam hari, ia akan senang didongengi apa saja karena dengan begitu anak akan membangun imajinasinya.

Sebelum bercerita, sebaiknya posisikan anak senyaman mungkin dalam keadaan duduk atau berbaring. Berikan bantal empuk untuk sandarannya.

Ceritakan dengan nada suara menenangkan. Mungkin satu cerita pendek tidak cukup. Agar mengerti batasan, katakan pada si batita bahwa setiap malam maksimal hanya 2 atau 3 dongeng yang diceritakan. Beberapa menit kemudian anak pasti akan mengantuk.

2. Baca dengan keras

Beberapa anak yang sudah cuku besar mungkin senang membaca sendiri atau membaca keras-keras untuk kita dan dirinya sendiri.

Ayah dan ibu juga dapat mempraktikkannya pada anak balita. Bacakan buku untuk anak. Biarkan ia tiduran di sebelah ibu, menutup mata dan mendengarkan saat ibu sedang bercerita.

Selain bagus untuk membangun imajinasi, anak juga terbuai dalam relaksasi. Ada kalanya orangtua bisa mengubah intonasi suara keras atau menenangkan untuk melihat cara yang efektif agar anak mengantuk. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.