Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2017, 20:24 WIB
Kontributor Health, Dhorothea ,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meringankan gejala-gejala depresi ternyata mudah, bisa dengan minum yogurt. Begitu kesimpulan sebuah penelitian baru.

Peneliti dari University of Virginia School of Medicine mengembalikan gejala-gejala depresi pada tikus dengan memberi makan mereka bakteri probiotik yang ditemukan pada yogurt. Peneliti berharap penemuan ini bakal berdampak pada manusia pula.

Tim peneliti ini ada di belakang studi yang menemukan bakteri di perut berperan dalam depresi. Mereka meneliti tikus-tikus sebelum dan setelah dibuat stres.

Memberi tikus-tikus bakteri Lactobacillus mengembalikan suasana hati mereka menjadi normal dan bebas dari gejala-gejal depresi.

Mereka menemukan sejumlah Lactobacillus di usus memengaruhi kadar kynureinine di dalam darah yang terbukti menyebabkan gejala-gejala depresi.

Pemimpin penelitian Alban Gaultier menyebutkan penemuan ini dapat berarti bahwa pasien tak perlu khawatir dengan obat-obatan dan efek sampingnya dan bermain-main dengan bakteri usus.

Mengubah pola makan untuk mengubah bakteri itu tak hanya memperbaiki kadar kesehatan tapi juga suasana hati.

Gaultier saat ini berencana menguji penemuannya pada manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com