Ahli Gizi Ingatkan Bahaya "Frozen Food" buat Anak

Kompas.com - 10/12/2019, 21:05 WIB
Ilustrasi crab stick ShutterstockIlustrasi crab stick

KOMPAS.com - Bahan makanan beku ( frozen food) kepiting olahan ( crab stick) kini menjadi salah satu menu popular yang gampang ditemui di supermarket sampai restoran.

Cita rasanya yang gurih, dengan tekstur dan warna menarik, mengundang selera orang untuk menikmatinya. Tak terkecuali anak-anak.

Terlebih jika crab stick sudah diolah menjadi menu seperti california sushi rolls, shabu-shabu, seafood salad, sampai camilan takoyaki.

Tidak Sehat

Dokter sekaligus ahli nutrisi, Dr. dr. Tan Shot Yen, M.hum, mengingatkan crab stick dan makanan olahan (frozen food)  instan tidak disarankan buat anak-anak.

"Tidak banyak yang tahu, crab stick dan bakso-bakso beku yang disukai anak dibuat dari pasta ekstrak ikan. Tidak jelas ikannya," jelas Tan ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (10/12/2019).

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, Tan juga menyebut frozen food  tidak sehat karena lazim dibumbui MSG, tepung, garam, gula, pengawet, gum, dan sederet bahan biar rasanya enak

"Tega kah orangtua memberikan pangan imitasi asal yang penting anaknya doyan makan?" ujar Tan.

Baca juga: Kata Ahli Gizi, Ini Cara Memasak Mi Instan agar Lebih Sehat

Menurut Tan, makanan beku siap saji umumnya punya lebih banyak kandungan garam, gula, lemak, dan kalori. Saat anak mengonsumsinya setiap saat, berat badan si kecil bisa naik namun tidak sehat.

"Sebaiknya dihindari sejak kecil," kata dia.

Tan menyebutkan alasan kepraktisan tidak bisa menjadi pembenaran bagi orangtua dalam memberikan asupan kepada buah hatinya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X