Kompas.com - 12/02/2020, 12:05 WIB
ilustrasi rempah-rempah ilustrasi rempah-rempah

KOMPAS.com - Banyak orang Indonesia mengeluhkan penyakit rematik. Rematik sendiri adalah rasa sakit yang diakibatkan otot atau persendian mengalami peradanagn dan pembengkakan.

Penyakit ini bisa menyerang bagian sendi tubuh mana pun. Jenisnya pun bermacam-macam.

Rematik biasanya ditangani dengan obat pereda nyeri yang dijual secara bebas hingga obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi.

Baca juga: Gejala Demam Rematik Akut pada Anak yang Bisa Merusak Fungsi Jantung

Kenyataannya, banyak obat rematik alami yang ternyata bisa Anda temukan di pasar, untuk mendukung pengobatan yang dianjurkan dokter.

7 bumbu dapur yang bisa jadi obat rematik

Harga murah dan ketersediaannya yang melimpah, menjadikan rempah-rempah sebagai obat rematik alami yang digemari.

Selagi berburu bumbu masak di pasar, jangan lupa juga mencari beberapa obat rematik alami di bawah ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kunyit

Selain di India, kunyit juga menjadi rempah dan bumbu masak favorit di Indonesia. Kemampuannya dalam menyedapkan makanan, ternyata selaras dengan kehebatannya dalam mengobati rematik.

Satu komponen penting yang dikandung kunyit, yaitu curcumin, terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga nyeri sendi akibat rematik bisa diobati.

Curcumin lah yang menjadikan kunyit sebagai obat rematik alami.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X