Manfaat dan Risiko Kesehatan Konsumsi Jus Tomat

Kompas.com - 15/02/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi jus tomat. ShutterstockIlustrasi jus tomat.

KOMPAS.com - Tak hanya dikonsumsi secara langsung atau tambahan pada masakan, tomat juga bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan.

Jus tomat yang ampuh membantu melepas dahaga di kala terik matahari itu ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan.

Melansir laman SehatQ, jus tomat mengandung berbagai nutrisi, mulai dari vitamin C dan A hingga kalium. Selain itu, jus tomat dilengkapi dengan fosfor, natrium, riboflavin (vitamin B2), dan vitamin E.

Baca juga: Benarkah Makan Tomat Bisa Cegah Penyakit Kanker?

Jus tomat juga kaya akan likopen (pemberi warna merah pada tomat), yang merupakan salah satu jenis antioksidan kuat.  Kandungannutrisi inilah yang membuat jus tomat bermanfaat untuk kesehatan.

Jus tomat untuk membasmi lemak perut

Kabar baiknya lagi, jus tomat mampu membantu kita untuk melawan obesitas karena kandungan serat dan nutirinya yang mengeyangkan.

Jus tomat dapat merangsang pelepasan leptin (hormon pemberi rasa kenyang) yang dapat mencegah Anda makan atau ngemil berlebihan.

Melansir laman The Health Site, riset telah membuktikan bahwa minum segelas jus tomat setiap hari membantu mengurangi lemak di area perut.

Ini artinya jus tomat baik untuk menghilangkan perut buncit.

Bahkan, manfaat tersebut bisa kita dapatkan tanpa perlu mengubah pola makan.

Riset tersebut dilakukan oleh ilmuwan dari China Medical University. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, peneliti meminta 25 wanita sehat berusia 20 hingga 30 tahun untuk meminum segelas jus tomat setiap hari.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X