Mitos atau Fakta, Minum Air Es Bikin Sakit?

Kompas.com - 05/03/2020, 10:00 WIB
Air es seringkali digadang-gadang sebagai penyebab batuk dan pilek leungchopanAir es seringkali digadang-gadang sebagai penyebab batuk dan pilek

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia, mengonsumsi es atau air dingin selalu diklaim sebagai penyebab batuk dan pilek.

Bahkan, mereka percaya bahwa minum air es disinyalir membuat gejala flu semakin parah.

Pengaruh minum es pada tubuh

Melansir laman Healthline, minum air es memang dapat mempengaruhi tubuh. Riset juga membuktikan bahwa minum air dingin dapat memperparah pilek dan hidung tersumbat.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan atau minuman hangat justru dapat meringankan hidung yang tersumbat.

Baca juga: Terlalu Takut Sakit Justru Lemahkan Sistem Imun, Kok Bisa?

Riset yang dilakukan tahun 2001 juga membuktikan, minum air dingin bisa memicu migrain pada orang yang telah didiagnosis memiliki penyakit tersebut.

Sayangnya, riset tersebut hanya dilakukan dalam skala kecil sehingga belum cukup untuk membuktikan efek samping minum air dingin atau es yang selama ini dipercayai banyak masyarakat Indonesia.

Melansir Hello Sehat, hingga sata ini belum ada riset yang membuktikan keterkaitan konsumsi es dengan gejala flu. satu-satunya penyebab flu yang telah terbukti secara ilmuah adalah virus.

Flu juga sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang, sehingga ada yang mudah tertular dan ada yang tidak tertular.

Jika minum air dingin atau es menyebabkan flu atau membuat flu semakin parah, penyebabnya bisa dua hal, yakni alergi dan daya tahan tubuh yang lemah.

Meski demikian, pastikan kebersihan diri dan wadah yang digunakan untuk minum air dingin atau es terbebas dari virus yang menyebabkan influenza dan berbagai penyakit lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Healthline,
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X