9 Gejala Infeksi Ginjal yang Sering Tak Disadari

Kompas.com - 06/03/2020, 14:05 WIB
ilustrasi ginjal ilustrasi ginjal

KOMPAS.com - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Oleh karena itu, organ ini harus dijaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai masalah yang dapat mengganggu fungsinya, seperti infeksi ginjal.

Sayangnya, sebagian orang kadang tidak menyadari jika dirinya terkena infeksi ginjal, dan malah mengabaikan gejala-gejala yang ada.

Baca juga: 7 Penyebab Batu Ginjal yang Kerap Diabaikan

Supaya Anda lebih awas terhadap masalah ini, berikut gejala infeksi ginjal yang perlu diwaspadai.

Penyebab infeksi ginjal

Infeksi ginjal adalah jenis infeksi saluran kencing yang umumnya berawal dari uretra atau kandung kemih, dan menyebar pada salah satu atau kedua ginjal.

Sebagian besar kasus infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke ginjal melalui saluran kemih.

Penyebab paling umum dari infeksi ini adalah bakteri e-Coli yang memasuki saluran kemih melalui uretra, kemudian berkembang biak dan menyebar ke ginjal.

Pada kasus yang jarang, infeksi ginjal dapat disebabkan oleh bakteri dari infeksi lain pada tubuh yang menyebar melalui aliran darah ke ginjal, operasi kandung kemih atau ginjal, dan adanya sesuatu yang menghalangi aliran urine.

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal secara permanen atau terjadi penyebaran bakteri ke aliran darah yang bisa mengancam nyawa.

Gejala infeksi ginjal

Adapun gejala infeksi ginjal yang harus Anda waspadai, di antaranya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X